Bantu Sukseskan Sensus Ekonomi: Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Masyarakat Begawat Pentingnya Sensus Ekonomi

1658759390617

Gambar Sosialisasi Pentingnya Sensus Ekonomi

Kabupaten Tegal, (10/08/2022). Penting untuk terus meng-update segala data termasuk data perekonomian masyarakat, antara lain melalui Sensus Ekonomi guna memperoleh data kuantitatif yang akan menjadi bagian dari strategi kebijakan ekonomi. Mieke Aulia Putri, mahasiswa Ekonomi yang merupakan peserta KKN Tim II UNDIP TA. 2021/2022, menjalankan salah satu program monodisipliner yang berjudul “Edukasi Masyarakat Mengenai Pentingnya Sensus Ekonomi sebagai Indikator Pertumbuhan Ekonomi”.

Masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat merupakan suatu permasalahan yang harus segera dipecahkan terutama dalam membangun kesadaran masyarakat akan arti pentingya pendidikan. Hal ini karena kualitas sumber daya manusia di Desa Begawat, yang ditunjukkan dengan tingkat pendidikan, juga dapat mempengaruhi tersedianya data yang akurat guna sebagai indikator pertumbuhan ekonomi.

Kualitas sumber daya manusia yang masih rendah menyebabkan data yang tersedia, khususnya mengenai keadaan ekonomi masyarakat, tidak valid. Kondisi ini mengakibatkan Desa Begawat masuk ke dalam kategori desa dengan kemiskinan ekstrim. Oleh karena itu, perlu diadakannya edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya sensus ekonomi guna memperbaiki dan mendapatkan data potensi ekonomi yang dimiliki sebagai indikator pertumbuhan ekonomi.

Yellow-Orange-and-Black-5-business-mistakes-you-shouldn-t-make-Infographic-Template-42-59-4-cm-1

Gambar Brosur Manfaat Sensus Ekonomi

Program “Edukasi Masyarakat mengenai Pentingnya Sensus Ekonomi sebagai Indikator Pertumbuhan Ekonomi” dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi secara door to door pada Jumat, 29 Juli 2022. Sensus ini ditujukan kepada para masyarakat, khususnya yang memiliki usaha mengenai pentingnya sensus ekonomi sekaligus pembagian brosur. Tujuan dari program kerja ini adalah memberikan pencerdasan bagi masyarakat sehingga kedepannya dapat tersedia data yang akurat sebagai indikator pertumbuhan ekonomi Desa Begawat.

Harapannya, masyarakat Begawat dapat memberikan informasi yang valid karena hasil sensus akan menjadi landasan penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan. Hasil Sensus Ekonomi ini akan mengalir ke berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, dan akademis. Data Sensus Ekonomi akan menjadi basis pembangunan di berbagai sektor dan skala baik mikro, kecil, menengah dan besar.

Penulis: Mieke Aulia Putri – Ekonomi 2019
Lokasi: Desa Begawat, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal
DPL: Solikhin, S.Si., M.Sc.