Home » Jenis KKN UNDIP » Mahasiswi Agribisnis UNDIP Kenalkan Suplemen Organik Cair

Mahasiswi Agribisnis UNDIP Kenalkan Suplemen Organik Cair

Kelompok Tani Desa Kalimulyo.

Kelompok Tani Desa Kalimulyo.

PATI – Peternakan memang menjadi salah satu mata pencaharian di Desa Kalimulyo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati. Hampir setiap rumah warga memiliki hewan ternak baik berupa ayam, maupun sapi. Namun, terkadang jarak antar kandang hewan ternak dengan  rumah utama warga seringkali tidak diperhatikan. Sehingga, bau sedap yang berasal dari kotoran ternak dibiarkan begitu saja, mengganggu lingkungan.

Oleh karena itu, Regina Ikmanila, mahasiswi KKN UNDIP Desa Kalimulyo dari jurusan Agribisnis, memperkenalkan suplemen organik cair pada Kelompok Tani Desa Kalimulyo, Rabu malam (9/8). Bertempat di balai desa Kalimulyo, acara yang juga dihadiri oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani “Ngudi Tani” 1 dan 2, Bapak H. Suwalip ini, mendapatkan antusisame dari para anggota kelompok tani dengan baik. Mayoritas anggota kelompok tani di Desa Kalimulyo, memiliki hewan ternak masing-masing.

Regina memberikan pemaparan materi.

Regina memberikan pemaparan materi.

“Alhamdulillah, respon dari Kelompok Tani baik. Suplemen organik cair itu berfungsi untuk mengurangi bau tidak sedap pada kotoran ternak. Selain itu, ia juga dapat menambah nutrisi pada hewan ternak. Prakteknya juga gampang, hanya memasukkan beberapa baha-bahan pada sebuah wadah, seperti yang saya praktekkan tadi,” ucap Regina.

Penggunaan dari suplemen organik cair sendiri sangat mudah, hanya dicampurkan pada makanan ternak. Regina berharap, semoga ilmu dan praktek yang telah dilaksanakannya tadi dapat bermanfaat dan dipraktekkan oleh para pemilik ternak di Desa Kalimulyo. (SK)