MAHASISWA KKN UNDIP 2022 MENGADAKAN SOSIALISASI PENCEGAHAN NARKOBA DAN STUNTING DI KELURAHAN RANDUSARI

rizal

Semarang- Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022 dilaksanakan di kelurahan Randusari Kecamatan Semarang Selatan. Kegiatan KKN ini menyasar 2 kegiatan multisipilin, yaitu merupakan kolaborasi antara berbagai macam disiplin ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa kelompok KKN 88 desa Randusari.

Kegiatan yang dilakukan juga dilaksanakan berdasarkan riset mendalam yang dilakukan oleh mahasiswa, yaitu tingginy tingkat stunting dan penyalahgunaan narkoba di kelurahan Randusari Semarang Selatan. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita yang disebabkan oleh kurangnya pemenuhan gizi seimbang pada anak, kurangnya pengetahuan mengenai kesehatan dan gizi, serta higenitas dan sanitasi yang tidak baik. Anak yang terdampak stunting akan mengalami penurunan fungsi kognitif sehingga sulit untuk memahami sesuatu dan mengurangi kepercayaan diri pada anak.

Upaya yang dilakukan untuk mencegah stunting yaitu memberikan sosialisasi dan penyuluhan mengenai penyebab dan pencegahan stunting, kegiatan sosialisasi ini dilakukan oleh mahasiswa Kedokteran dan Keperawatan Team KKN 88 desa Randusari dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Puskesmas Pandaran Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan di RW 05 desa Randusari pada tanggal 15 Juli 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu hamil dan menyusui RW 05 desa Randusari.

Penyuluhan-penyuluhan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Randusari untuk lebih memahami stunting serta cara mengatasinya agar Desa Randusari dapat terbebas dari kasus stunting.

Selain kegiatan penyuluhan dan sosialisasi stunting, TIM II KKN 88 Desa Randusari juga melakukan kegiatan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di SMP dan SMA Kristen Gergaji Kota Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2022 dan dihadiri oleh siswa/siswi SMP dan SMK Gergaji yang sedang mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).

widya

Kegiatan ini memberikan informasi mengenai bahaya narkoba baik dari sisi psikologi, hukum hingga kesehatan. Penyuluhan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM II Undip Desa Randusari yang berasal dari jurusan psikologi dan hokum. Kegiatan ini diawali dengan pemberian post test untuk mengetes wawasan dan pengetahuan siswa/siswi terhadap penyalahgunaan nakoba, selanjutnya juga dilaksanakan games agar kegiatan menjadi semakin menarik dan membuat siswa/siswi menjadi antusias dalam mengikuti kegiatan.

Dengan adanya sosialisasi penyalahgunaan narkoba di SMP/SMK Gergaji Semarang ini, diharapkan agar kedepannya presentase penyalahgunaan narkoba di Desa Randusari semakin berkurang, karena kita sebagai generasi muda harus ikut berperan bersama demi kemajuan negara dan bangsa Indonesia.
Penulis : Widya Kania Rusminar
DPL : A’nim Kafabih S.E M.E
Lokasi : Dusun Randusari Kecamatan semarang Selatan Kota Seamaeang Provinsi Jawa Tengah