Cegah Penutupan Usaha Tanpa Izin di Kelurahan Tambakaji, Mahasiswa KKN Tim II Undip Melakukan Edukasi Mengenai Pentingnya Izin Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

S-197550087

Semarang (10/08/2022). Berangkat dari keresahan yang hadir di tengah-tengah masyarakat kelurahan Tambakaji terkhususnya di kalangan pelaku UMKM, di mana terdapat banyak usaha yang harus gulung tikar dikarenakan tidak memiliki legalitas berupa izin usaha. Maka dilakukan kegiatan program kerja monodisiplin oleh salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro dalam bentuk edukasi mengenai “Pentingnya Izin Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah” pada Selasa, 09 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB dengan menyambangi secara langsung pelaku UMKM di Tambakaji.

S-197550086

Mahasiswa Universitas Diponegoro tersebut memulai edukasi dengan mendatangi salah satu pelaku UMKM di RW 4 yang memiliki usaha kerajinan tangan berupa rajutan dalam berbagai bentuk barang. Edukasi mengenai pentingnya izin usaha bagi usaha mikro kecil dan menengah dilakukan dengan mengedukasi secara langsung secara empat mata dan sudah dituangkan ke dalam bentuk booklet yang berisikan materi seperti definisi, dasar hukum, persyaratan, prosedur, manfaat, prinsip, dan pelaksanaan yang kemudian diberikan kepada pelaku UMKM di Tambakaji sebagai pegangan dalam mengusahakan izin usaha mereka. Setelah Mahasiswa Undip melakukan pemaparan dilakukan sesi tanya jawab interaktif bersama pelaku UMKM dari RW 4 yang menanyakan terkait beberapa hal yang masih menjadi pertanyaan seputar izin usaha.

S-197550085

Tidak hanya melakukan edukasi kepada pelaku UMKM di RW4, Tambakaji. Mahasiswa Universitas Diponegoro tersebut juga melakukan edukasi kepada pelaku UMKM di RW 6 yang memiliki usaha berupa pembuatan gelang rumahan yang dapat dibuat sesuai permintaan dari pembeli. Kegiatan yang sama juga dilakukan seperti pemaparan materi dan tanya jawab interaktif bahkan mahasiswa diberikan produk gelang sebagai kenang-kenangan oleh pelaku UMKM di RW 6 Tambakaji.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama antara Mahasiswa KKN TIM II Periode 2021/2022 Universitas Diponegoro dengan Pelaku UMKM di Kelurahan Tambakaji. Harapannya dengan dilakukannya program kerja monodisiplin berupa edukasi ini dapat memberikan pencerahan dan meningkatkan kesadaran kepada pelaku UMKM untuk mendaftarkan usaha mereka agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan usaha yang sudah dibangun dan dijalankan memiliki legalitas sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Penulis : Mirza Pasha Marpaung (Ilmu Hukum, Fakultas Hukum)
DPL : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM,MA
Lokasi KKN : Kelurahan Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang
KKN TIM 2 2021/2022 Universitas Diponegoro