Mencengangkan ! Mahasiswa KKN Undip Membuat Tempat Sampah Otomatis

Kota Semarang (28/07/2022)- Sebagai manusia melihat lingkungan yang bersih merupakan sebuah keinginan semua manusia. Bukan hanya indah tetapi manusia pun menginginkan lingkungan yang bersih dan nyaman ditempati, akan tetapi membuat lingkungan yang bersih indah dan nyaman tidaklah mudah dilakukan. Maka oleh dari itu kami menciptakan sebuah inovasi sederhanaya kini tempat sampah otomatis berbasis Arduino UNO. Dimana tujuan pembuatan ini untuk menjaga lingkungan dan peduli dengan sampah yang dapat berakibat buruk kedepannya.

Monodisplin-tempat-sampah-otomatis-1 Penyerahan Tempat Sampah Otomatis

Berdasarkan survey yang telah saya lakukan di Kelurahan Sarirejo, masih terdapat beberapa warga yang masih tidak membuang sampah pada tempatnya yang disebabkan karena kurangnya tempat sampah serta malas untuk membuang sampah karena keberadaan kotak sampah yang tidak dekat pengguna. Berdasarkan latar belakang tersebut, Galih Elang Prakoso salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021/2022 berinisiatif membuat alat “ Tempat Sampah Otomatis ” di Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.Program ini merupakan salah satu solusi untuk menjaga kebersihan serta mencegah pembuangan sampah sembarangan agar lingkungan selalu bersih.

Program ini di laksanakan pada tanggal, 28 Juli 2022 di Kelurahan Sarirejo, Kota Semarang, Dalam pembuatan alat “Tempat Sampah Otomatis” ini, diberikan penjelasan mengenai cara membuat alat, cara kerja alat, dan cara perawatan Tempat Sampah ini. Program ini mendapat sambutan yang antusias dan respon yang bagus dari para peserta program ini.

Cara Kerja Tempat Sampah Otomatis yaitu ketika seseorang yang berdiri 1 meter atau kurang sensor ultrasonic akan mendeteksi dan langsung memberikan perintah ke motor servo untuk mengangkat tutup tempat sampah selamat kurang lebih 5 detik untuk menaruh sampah setelah itu secara otomatis motor servo kembali menutup tempat sampah. Keuntungan dari menggunakan tempat sampah otomatis yaitu masyarakat tidak perlu repot-repot membuka dan menutup tempat sampah, lalu cara pembuatan dan komponennya cukup mudah, hanya membutuhkan tempat sampah, arduino uno, motor servo, sensor ultrasonik dan kabel jumper, dan alat dan bahan tersebut cukup terjangkau harganya.

Dari program “Pembuatan “Pembuatan Alat Tempat Sampah Otomatis“ diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat Kelurahan Sarirejo tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar kelurahan Sarirejo bersih.

Penulis : Galih Elang Prakoso – FSM UNDIP 2018
Lokasi : Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang
DPL : Dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si, P.hD