Dukung Pemulihan Ekonomi, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasikan Social Media Marketing
Mangunharjo, SEMARANG (31/07/2022) – Adanya pandemi menyebabkan berubahnya pola konsumsi barang dan jasa dari offline ke online. UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, dalam kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022, Danar Wahyu Kuncoro Aji dibawah bimbingan Ibu Dinalestari Purbawati, SE., M.Si., Akt mengadakan edukasi Social Media Marketing pada tanggal 30 dan 31 Juli 2022 untuk mendukung kemajuan UMKM di Kelurahan Mangunharjo. Edukasi dilakukan di lima lokasi UMKM yaitu di rumah pemilik UMKM Cemalcemill.smg, Bakpia BF96, Rumah Pembuatan Jok Cak Khus, dan Putri Dahlia Florist. Materi edukasi dibagikan dalam bentuk booklet dengan materi keuntungan memasarkan melalui media sosial dan bagaimana memproduksi konten lewat media sosial Instagram.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang ada di Indonesia saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Social Media Marketing merupakan pemasaran melalaui media sosial dengan memanfaatkan tools yang telah disediakan. Keuntungan memasarkan lewat media sosial salah satunya produk kita akan mudah dikenal. UMKM perlu mengembangkan cara memasarkanya melalui media sosial dengan menciptakan konten yang menarik sehingga mampu menarik pembeli dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Mangunharjo.
Salah satu pemilik UMKM Cemalcemill.smg (Ibu Wisnu) yang telah mengikuti program edukasi mengaku senang dengan adanya program kerja edukasi ini karena menambah pengetahuan dalam menjalankan UMKM. Dengan adanya program ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Mangunharjo.
Oleh : Danar Wahyu Kuncoro Aji (Ilmu Komunikasi/14040119130119)
Dosen Pembimbing : Dinalestari Purbawati, SE., M.Si., Akt