Kapan Lagii ? Berdayakan Home Industri dan UMKM Melalui Sosial Media Marketing dalam Kegiatan Business Online

KKN1-HEIC

Dokumentasi Mahasiswa KKN UNDIP Bersama UMKM Keripik Tempe

Ngemplak Simongan, Semarang Barat (29/07/2022) – Mahasiswa Tim KKN II 2021/2022 UNDIP secara door to door melakukan penyuluhan kepada Home Industri dan UMKM di Kelurahan Ngemplak Simongan mengenai “Edukasi dan Pelatihan Cara Pemasaran dan melakukan business online di marketplace”.

Memenuhi kebutuhan pasar atau calon pembeli merupakan salah satu tujuan berdirinya home industri dan UMKM – UMKM. Namun, seringkali home industri dan UMKM kesulitan meraih pasar apalagi pada home industri dan UMKM berbasis tradisional dikarenakan berbagai faktor, yang salah satu diakibatkan kurangnya aktivitas promosi atau pemasaran yang dilakukan.

Seiring dengan pernyataan sebelumnya, bisnis online juga telah berkembang pesat sejak 2011 karena semakin meningkatnya penetrasi internet hingga mencapai 20% dari total populasi Indonesia. Perkembangan bisnis online yang sangat pesat membuat media sosial juga dijadikan alat pemasaran untuk menjaring pembeli. Maka promosi melalui media sosial diikuti dengan proses bisnis melalui bisnis online menjadi urgensi yang harus diperhatikan home industri dan UMKM yang ada, termasuk home industri dan UMKM yang ada di Ngemplak Simongan.

KKN3-HEIC

Dokumentasi Mahasiswa KKN UNDIP Bersama UMKM Telur Asin

Dari 3 UMKM di Kelurahan Ngemplak Simongan yang dikunjungi oleh mahasiswa KKN, hanya 1 UMKM yang telah melakukan bisnis online dan aktivitas promosi/pemasaran melalui media sosial, sedangkan 2 UMKM lainnya masih menjalankan promosi lewat “mouth to mouth marketing”. Maka mahasiswa melakukan penyuluhan mengenai edukasi dan pelatihan cara pemasaran dan cara melakukan bisnis online. Penyuluhan diawali dengan wawancara kondisi penjualan saat itu, dan strategi promosi atau pemasaran yang digunakan, serta kendala yang dihadapi. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan review dan saran terhadap sosial media Instagram yang digunakan serta menjelaskan tips & trik membuat postingan instagram yang menarik bagi UMKM yang telah menggunakan sosial media (Instagram) sebagai alat pemasarannya. Selain itu, untuk menunjang memasarkan produk UMKM yang telah memiliki Instagram, mahasiswa mengedit produk yang ditawarkan dan membantu share konten produk di story Instagram masing – masing mahasiswa KKN. Selain itu, bagi 2 UMKM yang belum menggunakan Instagram, dilakukan penyuluhan pentingnya pemasaran/promosi dilakukan, dan menyarankan sosial media Instagram sebagai alat promosinya.

KKN2-HEIC

Dokumentasi Mahasiswa KKN UNDIP Bersama UMKM Boci Urat

Sosialisasi program edukasi pemasaran terlaksana dengan baik. Peserta antusias dengan menyampaikan beberapa pertanyaan dan kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut seperti menanyakan cara untuk lebih konsisten dalam promosi. Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan UMKM yang telah diberikan penyuluhan dapat menerapkan edukasi yang diberikan guna meraup pasar sehingga dapat meningkatkan profit lebih maksimal lagi.

Penulis : Denesa Elca H. Girsang (S-1 Teknik Industri – Tim KKN II 2021/2022 UNDIP)
Lokasi : Kel. Ngemplak Simongan, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang