Home » beranda » Partisipasi Siswa SD Branjang: Gerak Jalan Sehat sembari memungut Sampah

Partisipasi Siswa SD Branjang: Gerak Jalan Sehat sembari memungut Sampah

EDIT 8

Siswa SD Branjang Jalan sehat sembari memungut sampah

Branjang, Gerakan Jalan Sehat sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan Tim II KKN Undip untuk menggerakan warga Desa Branjang untuk mulai hidup disiplin membuang sampah pada tempatnya sesuai jenis sampah, Rabu (16/8).

Kesadaran warga desa Branjang, khususnya Dusun Cemanggah Kidul untuk membuang sampah ditempatnya masih sangat rendah, terlihat dari banyaknya buntalan plastik kresek bahkan kasur bekas yang menyumbat saluran air sungai yang terdapat di desa tersebut. Warga menyebutkan, bahwa perilaku masyarakat ini dimulai karena tidak adanya tempat pembuangan akhir didaerah tersebut.

edit 7

Masalah yang mulai timbul dari perilaku kurang baik dalam membuang sampah ini, yang menggerakan mahasiswa KKN Tim II Undip unttuk membuat “Bank Sampah”. Masalah utama yang menjadi kendala adalah kemauan warga untuk memilah dan mengumpulkan sampah di Bank Sampah. Untuk itu kemauan tersebut dialihkan dengan memulai dengan mengajak anak-anak SD mengikuti jalan sehat sembari mengambil sampah dilingkungan desa Branjang. Kegiatan ini sebagai bentuk nyata agar  orang tua tergerak melihat perilaku disiplin yang dilakukan anak-anaknya demi masa depan yang lebih baik.