Home » beranda » Semangat warga Desa Branjang Berpartisipasi Menyamut HUT RI ke-72: Bukan Hadiahnya tapi Partisipasinya

Semangat warga Desa Branjang Berpartisipasi Menyamut HUT RI ke-72: Bukan Hadiahnya tapi Partisipasinya

edit 6

orangtua ikut berperan mengantar anak ikut serta lomba

Branjang, Menyambut datangnya hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72, remaja Karangtaruna desa Branjang mengadakan kegiatan lomba-lomba yang akan dilakukan oleh kalangan Balita sampai Ibu-ibu. Yang membedakan dengan kegiatan perlombaan tujuhbelasan dengan daerah lain, di dusun Cemanggah Kidul, perlombaan melibatkan ibu atau orang tua dengan anak sebagai bentuk kerjasama. Kegiatan perlombaan dilakukas setiap hari minggu dimulai dari masuk bulan agustus. Perlombaan dilakukan di halaman rumah Bapak Supri, Minggu (6/8).

Berjalan diatas Kaleng Susu merupakan perlombaan yang umum, namun yang membedakan perlombaan di dusun Cemanggah Kidul adalah dilakukan oleh Anak-anak usia 8-12 tahun dan orangtuanya. Bagaimana orangtua mengkooardinasi agar anak tidak jatuh tanpa bantuan langsung dari orangtuanya menjadi ketertarikan dan keseruan penonton yang melihat saat ibu-ibu peserta lomba ulai geregetan ingin ikut membantu anak-anaknya langsung.

edit 5

Kegiatan tujuh belasan seperti ini merupakan moment yang ditunggu-tunggu oleh seluruh warga negara Indonesia sebagai bentuk paritsipasi menyambut datangnya hari kemerdekaan Indonesia. Tidak sekedar perlombaan yang berhadiah, tapi memaknai kegiatan tersebut sebagai pengingat perjuangan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bukanlah hal yang mudah dan penuh perjuangan.