Program Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022 Dalam Meningkatkan Perekonomian dan Memperluas Jaringan Pemasaran dengan Pelatihan Foto Produk dan Pembuatan Poster di RW 09 Pedurungan Tengah
Pedurungan Tengah (24/7/2022) – Desa tematik adalah salah satu inovasi Pemerintah Kota Semarang untuk mengatasi permasalahan pemenuhan kebutuhan dasar utamanya pada peningkatan kualitas lingkungan rumah tinggal warga miskin dan prasarana dasar permukiman. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di wilayah Pedurungan Tengah belum banyak dikenal oleh masyarakat. Bagaimana caranya agar masyarakat mengenal usaha apa saja yang ada di Kelurahan Pedurungan Tengah?
Foto Produk merupakan salah satu hal yang penting dalam pemasaran suatu usaha. Hal ini dikarenakan semakin menarik foto yang dihasilkan, maka semakin banyak masyarakat yang tertarik dan hal tersebut dapat meningkatkan nilai penjualan. Dalam foto produk memiliki banyak kriteria agar foto yang dihasilkan bagus dan menarik, terutama dalam segi pencahayaan dan editing. Bagaimana caranya agar foto produk yang dihasilkan menjadi menarik dan tidak blur?
Dengan Kegiatan yang dilakukan di RT 06 RW 09 yang melibatkan ibu-ibu PKK untuk mengasah skill dan belajar bersama dalam Fotografi Produk dan Pembuatan Poster. Antusiasme ibu-ibu ini menghasilkan banyak pertanyaan dan percobaan dalam foto produk. Sosialisasi sekaligus Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan RT 06 RW 09 dapat memperluas jaringan pemasaran usaha mereka sehingga rencana untuk membangun koperasi dapat terlaksana. Tidak hanya itu, agar masyarakat lebih mengenal sosial media selain WhatsApp dalam mempromosikan usaha mereka, maka poster yang digunakan dalam pemasaran nantinya harus menarik.
“Mbak, bagaimana caranya agar tidak kecewa dengan warna yang berbeda dengan yang di foto?”, ujar salah satu warga. Dalam foto produk, editing dan pencahayaan sangat berpengaruh, terutama dalam warna produk. Hal ini menjadi pengetahuan warga bagaimana caranya warga dapat melihat warna asli produk dan penjual dapat menampilkan foto produk yang jelas. “Hal ini merupakan hal yang wajar ibu, dikarenakan dalam foto produk, biasanya pencahayaan sangat penting agar foto yang dihasilkan lebih cerah. Tidak hanya itu, setelah pengambilan gambar biasanya penjual akan mengedit terlebih dahulu, dan hal ini yang biasanya membuat warna produk yang asli dengan di foto berbeda. Jika ibu ingin mengetahui foto produk yang asli, dapat menanyakan langsung kepada penjual agar dapat dikirimkan foto asli tanpa tambahan pencahayaan”, ujar Attavania.
Diakhiri kegiatan, dilakukan foto bersama sebelum penutupan. Terlihat ibu-ibu begitu bersemangat dengan ilmu baru yang mereka dapatkan. Tidak hanya itu, banyak ibu-ibu yang meminta file agar mereka dapat melatih skill mereka lebih dalam. Diharapkan dengan kegiatan ini, RT 06 RW 09 Kelurahan Pedurungan Tengah dapat memiliki referensi dalam mempromosikan usaha mereka dan dapat membuat koperasi.
Author : Attavania (SV – D4 Informasi dan Humas)
DPL : Dr. Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi, S.E, M.Sc, Ak.
Lokasi KKN : Kelurahan Pedurungan Tengah, Kota Semarang.