Mahasiswa KKN UNDIP Edukasikan UMKM Go Online Ke Pelaku Usaha di Desa Keji!!

Magelang (13/08/2022) – Dikutip dari Jakarta, Kominfo.go.id – Pencanangan gerakan 100.000 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Go Online secara serentak di 30 kota/kabupaten di Indonesia digagas seiring dengan visi Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia.

Menurut ulasan blog Jurnal Entrepreneur dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Penjelasan tentang pengertian UMKM adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang Undang Nomor 20 tahun 2008. Selain itu, kelompok ini terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi, UMKM artinya memiliki peran penting dalam membangun ekonomi negara. Saat ini di lingkungan tempat KKN yaitu Desa Keji, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, di Desa Keji ini UMKM adalah salah mata pencaharian sehari hari bagi warga desa.

Oleh karena itu Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2022 melakukan sosialisasi terhadap masyarakat di berbagai UMKM desa Keji. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi pentingnya UMKM Go Online pada masa sekarang ini yang dimana mana bisa dilakukan dengan digital.

Di era digital ini semuanya bisa dilakukan dengan internet, salah satunya yaitu tentang e-commerce. Maka dari itu kami melakukan sosialisasi Go Online kepada UMKM di Desa Keji ini lantaran masih banyak UMKM yang belum mengenal keuntungan dari pendaftaran sasaran toko pada google maps. Kami melakukan sosialisasi beserta memberikan brosur dimana didalamnya terdapat cara pendaftaran UMKM Go Online dan juga memberikan poster yang didalamnya terdapat link untuk memperjelas pemahaman tentang UMKM Go Online. Menurut pemilik UMKM sendiri informasi ini sangat berguna karena menurut beberapa warga persaingan mereka hanyalah UMKM disekitar yang menjual produk sama, tanpa mereka sadari bahwa dunia online sudah cukup maju di masa sekarang ini.

Penulis : Muhammad Rayhan Magnifica/Program Studi Informatika/24060119130065

Lokasi : Desa Keji, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang

Editor : Irawati, S.H., M.H.