Pemanfaatan Media Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris

IMG-20220727-WA0008

Srondol Wetan, Banyumanik (10-08-2022) – Pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Periode 2021/2022. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang digunakan secara global. Terutama pada zaman yang serba digital seperti sekarang ini pertukaran informasi antar negara sangat mudah dilakukan. Maka dari itu, tuntutan untuk dapat menguasai paling tidak satu bahasa asing agar dapat bertukar informasi dengan masyarakat luar negeri, sangat penting dan salah satu bahasa yang dimaksud adalah Bahasa Inggris.

Warga Rw. 2, Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, menjadi target dalam menyukseskan salah satu program yang penulis bawa pada KKN periode 2021/2022 ini, yaitu memanfaatkan media digital sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Dalam mengedukasi warga Rw.2, penulis melakukan sosialisasi secara door to door. Sosialisasi dilakukan dengan cara membagikan beberapa poster serta mengajak warga Rw.2 untuk memahami isi poster tersebut.

Baaru

Isi dari poster tersebut adalah manfaat yang mereka dapatkan jika dapat menguasai bahasa Inggris serta menunjukkan beberapa tips untuk mereka belajar bahasa inggris, salah satunya dengan memanfaatkan media digital seperti internet yang sudah tidak asing bagi warga yang hidup pada zaman serba digital ini. Di dalam poster juga terdapat sebuah barcode yang berisi sumber belajar dari berbagai sumber di internet, salah satunya melalui media YouTube dalam channel Aaron’s English.

Alasan utama dilakukannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan minat belajar menggunakan media digital yang biasa mereka gunakan hanya sebatas untuk hiburan. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat Rw. 2 dapat tersadar dan mengerti bahwa mereka dapat mempelajari Bahasa asing dan menyadari bahwa mempelajari bahasa asing tidak sesulit yang mereka bayangkan. Selain sosialisasi, terdapat pemasangan poster dibeberapa titik di wilayah RW.2 sebagai seruan agar masyarakat tergerak untuk belajar bahasa Inggris.

Penulis : Muhammad Shaden Dafa Herdiano
NIM : 13020119130104
Dosen Pembimbing Lapangan : Imam Setyawan, S.Psi., M.A.
Lokasi KKN : Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik
Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
#kkntim2undip #kkntimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip