Home » beranda » Pemahaman Budaya Anti Korupsi dan Penanaman Jiwa Anti Korupsi pada Masyarakat Desa Gerdu dan Perangkat Desa Gerdu

Pemahaman Budaya Anti Korupsi dan Penanaman Jiwa Anti Korupsi pada Masyarakat Desa Gerdu dan Perangkat Desa Gerdu

Gerdu – Sabtu, 22  dan 29 Juli 2017 mahasiswa KKN TIM II Undip mengadakan kegiatan pemberian materi tentang Pemahaman Budaya Anti Korupsi dan Penanaman Jiwa Anti Korupsi pada Masyarakat Desa Gerdu dan Perangkat Desa Gerdu. Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Perangkat Desa Gerdu, dan juga pihak Sekolah Dasar 01 Gerdu. Obyek/sasaran dalam kegiatan tersebut meliputi Perangkat Desa Gerdu dan sebagian masyarakat Desa Gerdu dalam kegiatan ini ialah Siswa SD 01 Gerdu sebagai generasi penerus bangsa.  Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh obyek tentang pentingnya budaya anti korupsi dan penanaman jiwa anti korupsi pada generasi penerus bangsa.

Kegiatan ini dilaksanakan 2 (dua) kali, yakni tanggal 22 Juli dimulai pada pukul 08.00 sampai 09.00 WIB  pada jam kegiatan belajar di SD 01 Gerdu, selanjutnya kegiatan yang sasaran kepada Perangkat Desa Gerdu dilaksanakan tanggal 29 Juli di Balai Desa Gerdu pada saat waktu luang jam kerja. Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 25 orang, dengan rincian 22 orang dari Siswa kelas 6 (enam) SD 01 Gerdu, dan 3 orang dari Perangkat Desa Gerdu.

Penanaman jiwa anti korupsi kepada masyarakat dilaksanakan di SD 01 Gerdu dengan pemberian materi berupa pemutaran video tentang perbuatan jujur lebih baik, pemberian materi tersebut dirasa sebagai langkah awal/sederhana untuk menghindari terjadinya tindakan korupsi yang sederhana seperti menyontek saat ujian, mencuri, dan lain sebagainya. Kemudian dilakukan kampanye anti korupsi dengan memasang poster bersama siswa SD 01 Gerdu tentang anti korupsi. Sedangkan kegiatan pada Perangkat Desa Gerdu diberikan dengan face to face kepada sebagian Perangkat Desa Gerdu akan pentingnya budaya anti korupsi di lingkungan Pemerintahan Desa Gerdu, seperti halnya pelaksanakan transparansi dana desa.

Diharapkan dari kegiatan tersebut dapat bermanfaat kepada para obyek/sasaran pada khususnya dan lingkungan pada umumnya. Akan pentingnya anti korupsi, lingkungan yang bersih dari korupsi berawal dan berasal dari semua lapisan masyarakat, termasuk Perangkat Desa  Gerdu sebagai pelaksana Pemerintahan Desa Gerdu, dan juga siswa SD 01 Gerdu sebagai generasi penerus bangsa.

Untitled

Untitled