Tips Serba – Serbi Produk Ayam hingga Inovasi Pembuatan Telur Asin Ayam

proker2

Bendan Ngisor (06/08/2022)- Pada minggu ke V mahasiswa KKN Tim II Undip 2022, Antonia Adisty melaksanakan program kerja monodisiplin “Penyimpanan dan Inovasi Pengolahan Produk Ternak” di PKK RT 04 RW 02 Kelurahan Bendan Ngisor. Sosialisasi berjalan dengan baik didukung oleh keaktifan dan ketertarikkan yang diikuti oleh 20 ibu – ibu PKK

Produk ternak berupa daging ayam dan telur ayam. Kebutuhan ayam mentah dan telur saat ini terbilang cukup tinggi, pasalnya harga unggas lebih terjangkau dibandingkan dengan daging serta cara pengolahan yang cukup mudah.
prokerrPemaparan Materi Sosialisasi kepada PKK RT 04 RW 02 Kelurahan Bendan Ngisor

Sebelum membeli daging dan telur ayam sebaiknya terlebih dahulu mengetahui ciri – ciri daging dan telur ayam segar. Hal ini bertujuan untuk mencegah berkembangnya bakteri dan meminimalisir rusaknya kandungan nutrisi pada produk ternak. Penyimpanan juga harus diperhatikan agar dapat memperpanjang masa simpan daging dan telur ayam serta kandungan nutrisi tetap terjaga.
1Leaflet Tips Serba – Serbi Produk Ayam

Selain itu, penyuluhan inovasi pengolahan produk ternak berupa telur asin ayam bertujuan untuk mengembangkan SDM dan SDA yang ada sehingga ibu-ibu rumah tangga dapat membuat produk olahan yang memiliki nilai jual dan dapat meningkatkan perekonomian serta menurunkan angka kemiskinan.

2Leaflet Inovasi Pengolahan Telur Ayam Asin

Penulis : Antonia Adisty Rachel Putri-23010119120018 Fakultas Peternakan dan Pertanian
Dosen Pembimbing Lapangan : Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., M.A.