UPAYA FUNGSIONAL MAHASISWA MELALUI PENYULUHAN TENTANG HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL MENGENAI PENDAFTARAN DOKUMEN KHUSUSNYA PADA PRODUK CARICA

Whats-App-Image-2022-08-09-at-11-16-52

Dieng Kulon (10/08/2022) – Mahasiswa KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2021/2022 Melaksanakan kegiatan Di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Kapubaten Banjarnegara. Program yang dibawakan cukup banyak dan masing-masing memiliki fokus tersendiri. Berangkat dari arahan pelaksana KKN, topik yang wajib dibawakan oleh setiap mahasiswa adalah HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL. Hal ini bertujuan agar setiap usaha warga dapat terdaftar secara resmi.

Dalam kegiatan berusaha pentingya mendaftarkan hak dalam berusaha agar lebih terjamin masa depan usahanya. Selain itu, pendaftaran dokumen usaha juga dapat meningkatkan daya jual suatu produk. Dengan terdaftarnya suatu badan usaha menjadikan para konsumen lebih percaya saat membeli/menggunakan produk tersebut.

Whats-App-Image-2022-08-03-at-09-41-02

Hak kekayaan intelektual merupakan hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada keator, inventor, atau pendesain atas hasil kreasi atau temuanya yang memiliki nilai komersial, baik langsung secara otomatis maupun melalui pendaftaran pada instansi terkait, sebagai bentuk penghargaan atau pengakuan hak yang dilindungi oleh hukum. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek :Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf- huruf, angka- angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur- unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.(Pasal 1 Ayat 1) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri. Makadari itu terkait program PENYULUHAN TENTANG HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL MENGENAI PENDAFTARAN DOKUMEN KHUSUSNYA PADA PRODUK CARICA dimagsudkan untuk memberikan pengertian bahwasanya pendaftaran dokumen seperti merk selain dapat menghindari dari plagiatisme juga dapat menaikan omset suatu produk.

Whats-App-Image-2022-08-09-at-10-49-25

Mari kita bersama-sama meningkatkan produksi, memenuhi permintaan pasar, dengan tetap CUCI TANGAN, JAGA JARAK, MEMAKAI MASKER. COVID BUKAN AKHIR SEGALANYA, AYO PELAKU USAHA BANGKIT MENUJU SUKSES.

Penulis : Rachmah Nia Yuda ( S1 Ilmu Hukum – Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M.Si

Lokasi : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022