Tingkatkan Brand Value Produk, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak UMKM untuk Lebih Kreatif Mendesain Social Media
Klaten (8/8) – Di era teknologi yang semakin canggih ini digitalisasi menjadi salah satu hal yang wajib dikuasai oleh para pelaku usaha. Unit-unit usaha di tengah percepatan proses digitalisasi perlu untuk beradaptasi dengan cepat mengikuti arah minat konsumen agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Salah satu bentuk digitalisasi tersebut yaitu kemampuan mempromosikan produk atau jasanya di media sosial. Pemasaran yang dilakukan melalui media sosial dapat membantu produktivitas unit usaha agar lebih efektif dengan alasan dapat menjangkau area yang lebih luas, cepat dan dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan pemasaran dengan bentuk non-digital.
Selain berguna dalam lini pemasaran, media sosial juga dapat menjadi salah satu brand value sebagai identitas brand. Dengan tampilan yang menarik media sosial akan meningkatkan minat pelanggan baru dan menjaga hubungan dengan pelanggan lama sehingga dapat memaksimalkan brand value produk/jasa tersebut. Identitas brand akan memberikan pelanggan sensasi ingatan mengenai produk atau jasa dan meningkatkan loyalitas bagi unit usaha.
Melihat fakta bahwa masih terdapat banyak media sosial UMKM di Desa Jarum yang kurang termanajemen dengan baik menjadi dasar Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Azizah Nurul Khasanah, Program Studi Manajemen untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha di Desa Jarum tersebut mengenai Social Media Marketing. Pelatihan Social Media Marketing untuk UMKM ini merupakan cara yang dapat mempercepat pemasaran produk dan meningkatkan produktivitas UMKM sehingga sejalan dengan itu penjualan produk UMKM juga akan mengalami peningkatan.
Pelaksanaan kegiatan pelatihan desain sederhana
Dengan itu pada hari Senin (8/8/2022) dilakukan praktik pelatihan secara luring di rumah Ibu Suprapti dan diikuti oleh anggota Kelompok Wanita Tani Matahari RW 01 Desa Jarum yang memiliki unit usaha dan menjadi pelaku usaha UMKM Desa Jarum. Kegiatan yang berlangsung dari jam 8 pagi hingga 10 pagi ini mendapat antusiasme yang tinggi dari peserta pelatihan. Pelatihan dimulai dengan penjelasan mengenai social media branding dan kemudian diikuti dengan praktik desain sederhana. Selanjutnya rangkaian kegiatan diakhiri dengan penjelasan mengenai strategi dan metode social media marketing yang tepat bagi UMKM.
Pelaksanaan kegiatan pelatihan Social Media Marketing
Dari kegiatan ini diharapkan usaha mikro kecil menengah di Desa Jarum dapat meningkatkan brand awareness. Sehingga UMKM dapat terus menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan mereka melalui media sosial.
Penulis : Azizah Nurul Khasanah (Prodi Manajemen)
DPL : Dr. Sunarno, S.Si., M.Si.
Lokasi : Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten