#Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Memberikan Edukasi Mengenai Instagram Sebagai Media Pemasaran Produk di Kelurahan Patemon

Pada Sabtu (25/07/2022), mahasiswa KKN TIM II UNDIP tahun 2022 memberikan edukasi mengenai media sosial instagram sebagai media pemasaran produk. Kegiatan ini dilakukam kepada para pelaku UMKM yang ada di desa Patemon dengan mendatangi rumah mereka. Mahasiswa KKN UNDIP membagikan poster mengenai media sosial instagram sebagai media pemasaran produk secara singkat. Diposter tersebut juga dibeikan contoh akun bisnis di instagram yang baik dan menarik.
Whats-App-Image-2022-08-11-at-03-20-44
Pemasaran melalui media sosial adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan melalui pihak ketiga yaitu website berbasis media sosial. Media sosial yang sering digunakan misalnya facebook, instagram, dan tiktok. Melalui media ini pelaku usaha bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran. Pemasaran dengan media online tidak selalu berhubungan dengan jual-beli secara langsung. Dalam pemasaran ini, kita dapat memasarkan konten dalam bentuk postingan di web, gambar dan video. Hal ini dapat juga memperkenalkan merek secara umum kepada masyarakat secara menyeluruh atau sering disebut dengan brand awareness. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah instagram. Instagram memiliki 99,15 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. angka ini menunjukkan bahwa jangkauan iklan instagram di Indonesia setara degan 35,7% dari total populasi di awal tahun.
Whats-App-Image-2022-08-11-at-03-35-55
Kegiatan ini dilakukan kepada beberapa pelaku UMKM yang ada di desa Patemon dengan mendatangi rumah mereka. Mahasiswa KKN UNDIP, Sherli Alresta Ramadhani, membagikan poster poster mengenai media sosial instagram sebagai media pemasaran produk secara singkat. Pelaku UMKM yang didatangi terlihat antusias saat mendengarkan penjelasan mengenai media pemasaran ini. Para pelaku UMKM mengatakan bahwasanya mereka tidak begitu memperhatikan bagaimana akun yang baik dan menarik untuk pemasaran produknya. Oleh karena itu, mereka sangat tertarik dan mengikuti penjelasan mengenai media sosial instagram sebagai media pemasaran produk ini.
Penulis : Sherli Alresta Ramadhani (12030119120047)
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Ir. Hermin Werdiningsih,MT