Lewat Sosialisasi, Mahasiswa KKN TIM II Undip Dorong Masyarakat Desa Gedong Bayar Pajak Tepat Waktu

WONOGIRI – Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro menggelar sosialisasi “KARTU BAJA (Gerakan Sadar dan Patuh Bayar Pajak)” di Balai Desa Gedong pada Kamis (28/07). Acara tersebut dihadiri oleh seluruh perangkat Desa Gedong, mulai dari staf Sekretariat Desa Gedong, Kepala Dusun, Ketua RW, dan Ketua RT setempat. Melalui sosialisasi “KARTU BAJA”, mahasiswa berupaya mendorong masyarakat Desa Gedong agar patuh membayar pajak tepat waktu.

IMG20220728094830

Sosialisasi KARTU BAJA (Gerakan Sadar dan Patuh Bayar Pajak) merupakan bentuk pelaksanaan program kerja monodisiplin dari mahasiswa program studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Penyelenggaraan program sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat Desa Gedong dalam membayar pajak yang masih tergolong rendah. Menurut penuturan Sekretaris Desa Gedong, Hery Kiswanto, masyarakat baru akan membayar pajak saat sudah mendekati tanggal jatuh tempo pembayaran pajak. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa tersebut belum sadar akan pentingnya membayar pajak secara tepat waktu.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan oleh mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro melalui pemaparan materi dengan menggunakan media power point. Materi yang dipaparkan oleh mahasiswa diantaranya mencakup tentang pengertian pajak, pentingnya membayar pajak, manfaat pajak, sanksi ketika telat membayar pajak, kapan masyarakat harus membayar pajak, dan dimana mereka bisa membayar pajak. Dalam pelaksanaan sosisalisasi tersebut, para peserta yang merupakan Perangkat Desa Gedong pun terlihat antusias mendengarkan materi yang dipaparkan oleh mahasiswa.

Peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak penting untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan rendahnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak dapat mempengaruhi kemajuan dan pertumbuhan ekonomi bangsa. Pelaksanaan sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya membayar pajak secara tepat waktu, serta diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan mereka dalam membayar pajak.

Penulis : Nuri Adhi Saputri
DPL : Dr. Sunarno., S.Si., M.Si
Lokasi : Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri

#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip