Home » beranda » REPORTASE DESA KALANGSONO 1

REPORTASE DESA KALANGSONO 1

Reportase Desa Kalangsono Minggu 123451. Pengenalan Awal Desa Kalangsono Bersama para Perangkat Desa
Reportase Minggu – 1
Hari Rabu, 12 Juli 2017 adalah hari pertama kami melakukan kegitan di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kalangsono, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang. Tidak banyak yang kami lakukan pada minggu pertama KKN ini dikarenakan aturan baru dari Universitas bahwa pada minggu pertama ini kami diharuskan untuk melakukan survey pendahuluan sebagai bahan untuk penyusunan Laporan Rencana Kegiatan (LRK). Kegiatan yang banyak kami lakukan pada minggu pertama KKN adalah mengunjungi Ketua – ketua RW dan warga warga sekitar untuk lebih dekat dan lebih mengenal dengan warga desa Kalangsono.
Pada hari kamis 13, Juli 2017 kami mengikuti pengajian rutin yang diselenggarakan secara bergantian setiap kamis malam, saat itu pengajian dilakukan di rumah bapak Kepala Dusun Gandu yaitu Pak Kasturi. Pada agenda pengajian tersebut, kami selaku mahasiswa KKN sekaligus melakukan perkenalan masing masing dari anggota TIM II KKN undip. Dikarenakan pengajian dilakukan di rumah pak kadus Gandu, yaitu dusun yang kami tinggali, maka kami sekaligus mengobrol bersama warga sekitar dan keluarga bapak Kadus hingga hampir larut malam.

2. Pendalaman dan Survey Lapangan
Reportase Minggu – 1
Masih di minggu pertama kami KKN di Desa Kalangsono, setelah kami melakukan pengenalan bersama warga dan perangkat desa, kami selanjutnya melakukan survey lapangan untuk menemukan permasalahan yang terdapat di desa yang akan kami rangkai dalam Laporan Rencana Kegiatan (LRK) dan sebagai bekal untuk kegiatan yang akan kami laksanakan untuk pemenuhan tugas KKN.
Pada hari Jumat, 14 Juli 2017, kami melakukan survey UMKM kepada salah satu pengusaha keripik nangka di desa Kalangsono dan melakukan pendataan serta menanyakan kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh pengusaha tersebut sehingga kami dapat mencari solusi untuk penyelesaian kendala dan masalah tersebut.

Hari sabtu, 15 Juli 2017, kami diundang untuk ikut rapat karang taruna guna membahas kegiatan 17 Agustus yang kebetulan dilaksanakan secara besar besaran setiap 2 tahun sekali, maka kami diajak untuk ikut andil serta dapat memberikan gagasan dan ide untuk pelaksanaan kegiatan 17an yang rencananya akan dilaksanakan pada 20 Agustus 2017.

1. Penyusunan Program Kerja KKN
Reportase minggu – 2
Pada minggu kedua kami telah selesai menyusun dan membuat LRK, kemudian selanjutnya kami melakukan persiapan perlengkapan dan perizinan untuk melaksanakan kegiatan di desa Kalangsono,
Pada hari Jumat, 21 Juli 2017 kami diminta untuk ikut melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama pemuda dan warga desa Kalangsono di dusun Slatri. Kerja bakti tersebut bertujuan untuk membuat rencana jalan yang akan menghubungkan dusun Slatri dengan Dusun Kalinyamat. Kerja bakti dilakukan agar jalan tersebut dapat di ajukan bantuan kepada pemerintah
Hari Senin, 24 Juli 2017 kami mengadakan pemaparan rencana program KKN yang akan kami laksanakan kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa. Pada saat pemaparan, Kepala Desa dan Perangkat sangat antusias dan mengapresiasi rencana kerja program kami dan mendukung penuh program KKN yang akan dilaksanakan

2. Pelaksanaan Program MONO – 1
Reportase Minggu – 2
Masih di minggu kedua, kami melakukan sebagian program monodisiplin di SMP Ma’arif Desa kalangsono
Hari selasa, 25 Juli 2017 kedua teman kami Estiani dan Satria Putra Pamungkas melaksanakan program monodisiplin di SMP Ma’arif Kalangsono. Program dilakukan dengan cara penyampaian materi dan pemberian sesi tanya jawab kepada siswa SMP, kemudian para siswa juga diberikan pertanyaan seputar materi yang disampaikan supaya materi dapat dipahami dengan baik.
Hari berikutnya, tepatnya hari rabu, 26 Juli 2017 masih di tempat yang sama yaitu SMP Ma’arif, salah satu teman kami Miwaheka Prarosy memberikan materi dan pendampingan terhadap siswa untuk taat lalu berlalu lintas. Pemberian materi juga diselingi tanya jawab berhadiah sehingga para siswa dapat memahami materi dan mengaplikasikannya dengan baik. Pada akhir sesi program juga diberikan stiker dan pengukuhan salah satu siswa sebagai pelopor keselamatan lalu lintas di SMP Ma’arif agar dapat mengingatkan dan membantu menjaga teman temannya agar selalu taat lalu lintas.

1. Pelaksanaan Program Mono – 2
Reportase Minggu – 3
Kali ini kami memasuki minggu ketiga yaitu minggu yang sangat sibuk karena kita sudah masuk ke tahap pelaksanaan program. Hari Jumat 28 Juli kami melaksanakan 3 program mono yang di lakukan oleh teman kami Dzulfiqar, Estiani dan Satria Putra. Program kami laksanakan di balai desa bersama ibu ibu PKK. Pada saat pelaksanaan program ibu ibu sangat antusias dan sangat memperhatikan program yang kami berikan.
Keesokan harinya tepatnya hari sabtu 29 Juli, kami diajak makan malam bersama pak Kepala desa dan sebagian perangkat di Mie Jago daerah Limpung. Kata pak kades mie tersebut paling enak di wilayah tersebut, setelah kami mencobanya ternyata memang mie tersebut sangat enak.

2. Pelaksanaan Program Mono-Multi
Reportase Minggu – 3
Hari ini masih di minggu ketiga, yaitu hari sabtu 29 Juli 2017, kami melakukan program lanjutan yaitu program mono teman kami Miwaheka Prarosy tentang pendampingan ijin usaha UMKM di desa kalangsono. Sasaran program kali ini adalah pelaku usaha keripik gadung yang sangat dikenal di desa kalangsono. Pada program tersebut kami fokus ke masalah perizinan, karena di desa masih banyak yang belum punya ijin usaha maka kami memutuskan untuk memberikan edukasi dan pendampingan tentang pentingnya ijin usaha dalam melakukan kegiatan usaha karena selain taat hukum juga lebih memiliki rasa aman dalam menjalankan usaha karena mendapat ijin dari pemerintah.
Masih di minggu ketiga tepatnya hari rabu 2 agustus 2017 kami melanjutkan program kerja gabungan antara program mono dan program multi. Pada program kali ini kami fokus ke budidaya dan pengolahan dari bahan baku ikan lele. Ada yang diolah menjadi Ekado, kerupuk dan stick dari tulang lele. Pelaksanaan program kali ini berjalan lancar karena ibu ibu PKK sangat antusias dan aktif dalam pelaksanaan program sehingga timbal balik yang dihasilkan sangat positif.

1. Pelaksanaan Program Kerja Lanjutan
Reportase Minggu – 4
Tidak terasa KKN sudah memasuki minggu ke 4 yaitu minggu yang sangat padat karena kami harus segera menyelesaikan program kerja sehingga bisa segera menyelesaikan laporan.
Hari kamis 3 agustus 2017, teman kami Aamalia Ramadina mempersiapkan program mononya yaitu pemmbuatan kompos. Sebelum melakukan kegiatan, teman kami bersama pak Kadus Slatri mengambil kotoran hewan sebagai bahan kompos di peternakan warga.
Ke esokan harinya, Jumat 4, agustus 2017 teman kami Amel melaksanakan program pembentukan kompos di dusun Slatri yang dihadiri oleh bapak bapak petani di dukuh tersebut. Program berjalan lancar dan warga pun antusias untuk bertanya jawab seputar materi dan contoh yang dim praktekan. Program tersebut diharapkan dapat merubah mindset warga yang menggunakan pupuk kimia menjadi beralih ke pupuk organik yang lebih sehat.

2. Pasar Malam dan Lomba Gerak Jalan
Reportase Minggu – 4
Masih di minggu ke empat, di desa kami, Kalangsono mengadakan hiburan rakyat yaitu pasar malam yang setiap hari ramai pengunjung. Dikarenakan kesibukan kami, kami baru sempat mengunjungi pasar malah pada hari sabtu, 5 agustus 2017. Di sana kami bermain dan menikmati hiburan pasar malam sebagai obat kepenatan akan program yang belum kunjung usai.
Kemudian hari rabu 9 agustus 2017 kami di beri amanat oleh kecamatan untuk mendampingi siswa siswi SD dan MI di desa kami untuk lomba gerak jalan yang dilaksanakan di desa Banyuputih. Lomba tersebut sangat ramai dan di ikuti oleh seluruh sekolah dasar di lingkup kecamatan banyuputih.

1. Expo dan Program Multi
Reportase Minggu – 5
Tidak terasa sudah memasuki minggu kelima, di minggu khususnya hari jumat 11 agustus 2017 ini kami melakukan program terakhir kami yaitu program aquaponik, yaitu program yang memiliki tujuan untuk pelatihan terhadap warga tentang manfaat akuaponik yang menggabungkan antara budidaya tanaman dan budidaya ikan lele. Program ini sangat lancar dan bermanfaat karena warga khususnya para pemuda desa sangat antusias dan memiliki keinginan untuk melanjutkan dan mengembangkan program kami ini menjadi lebih besar lagi.
Pada hari berikutnya yaitu sabtu 12 agustus 2017, TIM KKN undip mengadakan expo yang dilaksanakan di kecamatan Subah yang dihadiri 4 Kecamatan sekaligus sehingga acara tersebut sangat ramai dan meriah. Pada acara expo tersebut ada beberapa rangkaian acara maupun hiburan diantaranya ada penampilan dari masing kecamatan dan terdapat pula donor darah oleh PMI. Pada kesempatan expo kali ini, kecamatan kami yaitu Banyuputih mendapat kemenangan atas stand terbaik di expo tersebut.

2. Persiapan 17an dan Lomba tingkat SD
Reportase Minggu – 5
Masih di minggu kelima, hari minggu 13 agustus 2017 kami persiapan untuk lomba lomba agustusan yang akan di adakan di desa Kalangsono. Kami 1 TIM membantu perangkat desa memasang baliho dan MMT peringatan acara 17an dan Baliho Lomba lomba anak anak SD dan MI. Lomba lomba tersebut akan di selenggarakan dan dipandu oleh guru guru masing masing SD sehingga kami hanya bertugas mendampingi kegiatan tersebut.
Keesokan harinya yaitu hari senin 14 agustus 2017, kami di minta oleh apak Kepala Desa untuk ikut serta membantu perangkat desa membersihkan lapangan untuk digunakan sebagai lapangan upacara 17 agustus. Lapangan tersebut sangat kotor karena sebelumnya lapangan tersebut dipakai untuk pasar malem yang berlangsung selama 12 hari sehingga lapangan tersebut sangat kotor dan banyak sampah berserakan.