Lihat Remaja Lebih Dekat, Upaya Pemberdayaan Keluarga Bebas Narkoba oleh Mahasisiwi KKN Undip

Bangunharjo, Semarang Tengah (23/07/2022) – Seorang mahasiswi dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro bersama anggota Tim II KKN Undip lainnya mengupayakan pemberdayaan keluarga bebas narkoba lewat pola pengasuhan orang tua terhadap remaja di Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang pada Sabtu (23/07).

Whats-App-Image-2022-08-11-at-5-23-59-AM-1
Gambar 1. Penyampaian Pesan Edukasi beserta Booklet

“Lihat segalanya lebih dekat dan kau bisa menilai lebih bijaksana.” Familiar dengan penggalan lirik lagu ini? Yup, ini adalah apa yang dikatakan Ibu Darmawan atau ibunda dari Sherina kepada Sherina dalam film Petualangan Sherina. Dalam lagu “Lihatlah Lebih Dekat” ini mengajarkan bahwa kita perlu melihat lebih dekat agar dapat mengerti mengapa sesuatu terjadi sehingga kita pun dapat menilai sesuatu dengan bijaksana.

Terinspirasi dari apa yang dikatakan Ibu Darmawan tersebut, mahasiswi KKN Undip berusaha meningkatkan kesadaran para orang tua agar hendaknya bisa melihat anak usia remajanya lebih dekat walau perilaku remaja seringkali membuat orang tua pusing bukan kepalang dan tak sampai akal untuk mengertinya.

“Keluarga sejatinya adalah lingkungan sosial pertama yang paling dekat dengan anak”, kata Gloria saat menjelaskan mengapa perlu memberdayakan keluarga bebas narkoba melalui edukasi terkait ciri fase perkembangan remaja serta tantangan akan kenakalan remaja, termasuk penyalahgunaan narkoba yang disampaikan kepada para orang tua yang memiliki anak usia remaja awal. Di samping itu, juga disampaikan pentingnya pola asuh orang tua dan perkenalan pengasuhan positif yang harapannya dapat membina hubungan baik antara orang tua dan anak sehingga anak dapat terbebas dari kenakalan remaja, termasuk penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, berlangsung pula diskusi terkait isu kesejahteraan anak di Kelurahan Bangunharjo. Tercanang ide-ide mengenai pembentukan suatu badan yang dapat menaungi dan mendukung kesejahteraan psikologis anak-anak di Kelurahan Bangunharjo.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-5-23-59-AM
Gambar 2.Edukasi dan Diskusi terkait Isu Kesejahteraan Anak di Kelurahan Bangunharjo

“Untuk mengubah kebiasaan dalam mengasuh anak tentu bukan hal yang mudah, namun orang tua tetap dapat belajar selangkah demi Langkah agar dapat lebih baik dari hari kemarin”, ujar Gloria dalam penghujung edukasinya. Harapannya, keluarga di Kelurahan Bangunharjo dapat membangun hubungan yang baik dengan anak usia remajanya serta membangun ketahanan akan narkoba.

Penulis: Gloria Talentinhi – S1 Psikologi / Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
Editor: Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum