UMKM Jaman Now: Dukungan Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 dalam Upaya Digitalisasi Media Pemasaran UMKM melalui Instagram Marketing
Gambar 1. Penyampaian Materi Mengenai Instagram Marketing oleh Mahasiswa
Semarang (11/08/2022) – Kelurahan Karanganyar Gunung, Kecamatan Candisari, Kota Semarang memiliki potensi wilayah yang sangat beragam, salah satunya adalah adanya Kampung Tematik “Home Industry” yang berada di wilayah RW 05. Kampung Tematik “Home Industry” ini berkembang karena terdapat banyaknya warga RW 05 yang menjadi pelaku UMKM. Kebanyakan pelaku UMKM di wilayah RW 05 memproduksi produk-produk makanan dan kerajinan. Namun, di luar Kampung Tematik “Home Industry” RW 05 juga masih terdapat banyak pelaku UMKM di Kelurahan Karanganyar Gunung, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.
Berdasarkan hasil survei lapangan terhadap beberapa pelaku UMKM dan wawancara dengan koordinator Kampung Tematik “Home Industry” di RW 05 Kelurahan Karanganyar Gunung, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, banyak pelaku UMKM yang masih memilih untuk menggunakan media pemasaran konvensional daripada media pemasaran digital, seperti Instagram dengan berbagai alasan, beberapa di antaranya adalah para pelaku UMKM tidak ingin ambil pusing dengan pengelolaan media pemasaran digital yang dianggap rumit dan mereka masih belum memiliki pemahaman penuh tentang cara dan manfaat pengelolaan media pemasaran digital, seperti Instagram termasuk bagaimana cara pembuatan konten Instagram, yang dapat menarik calon konsumen.
Berdasarkan latar belakang tersebut, Rhagita Anggy Panggabean (21), mahasiswa program studi S1 Manajemen 2019 Universitas Diponegoro yang tergabung dalam KKN Tim II Undip 2021/2022 membuat sebuah program pemberdayaan bagi para pelaku UMKM Kelurahan Karanganyar Gunung dalam upaya memanfaatkan sosial media Instagram sebagai media pemasaran. Program ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2022 pukul 18.30 WIB dan berlokasi di Kantor Kelurahan Karanganyar Gunung serta dihadiri oleh 13 pelaku UMKM Kelurahan Karanganyar Gunung. Program ini dilaksanakan secara bersamaan dengan beberapa program lainnya, seperti program pemberdayaan pelaku UMKM dalam upaya meningkatkan sistem labelling dan packaging, K3, dan perbaikan postur kerja. Oleh karena itu, seluruh rangkaian dari program ini diberi tajuk utama “Program Pemberdayaan UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing di Era Digital”.
Gambar 2. Foto Bersama Para Pelaku UMKM Kel. Karanganyar Gunung
Pada proses keberjalanan program tersebut, mahasiswa menyampaikan beberapa materi mengenai pentingnya pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media pemasaran, yaitu meliputi: bagaimana pergeseran media pemasaran konvensional menuju media pemasaran digital, seperti Instagram; manfaat penggunaan Instagram sebagai media pemasaran; fitur Instagram yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM; serta tips dan trik dalam mengelola Instagram sebagai media pemasaran secara efektif. Antusiasme audiens terlihat saat sesi tanya jawab berlangsung, salah seorang pelaku UMKM yaitu Ibu Eka Pratiwi mengajukan pertanyaan, “Mbak, apa kita harus bikin akun Instagram baru supaya bisa jadi akun Instagram bisnis? Soalnya bisnis saya ini sudah punya akun Instagram dan followers-nya sudah lumayan, jadinya sayang kalau harus bikin lagi.”
Terakhir, mahasiswa meminta audiens– para pelaku UMKM untuk mengisi formulir kebersediaan untuk mengikuti beberapa pelatihan bisnis sebagai program lanjutan dari program ini. Harapannya, program ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Karanganyar Gunung akan pentingnya penggunaan sosial media sebagai salah satu alat pemasaran yang efektif di era digital.
Penulis : Rhagita Anggy Panggabean – S1 Manajemen Undip 2019
DPL : Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D
Lokasi : Kel. Karanganyar Gunung, Kec. Candisari, Kota Semarang
KKN Tim II Undip 2021/2022 Universitas Diponegoro
#KKNTMIIUNDIP2022
#P2KKNUNDIP
#LPPMUNDIP
#UNDIP