Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro 2021/2022 Melakukan Penyuluhan Anti Narkoba di Madrasah Al-Hidayatussalafiyah, Pejaten Barat

Jakarta (26/07/2022) – Penyuluh Narkoba Ahli Muda Direktorat Advokasi BNN, Eva Fitri Yuanita S.Pd mengungkapkan adanya peningkatan prevalensi penyalahgunaan narkoba pada rentang usia 15 – 64 tahun dari 1,80% menjadi 1,95% pada tahun 2019. Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkapkan 57% dari total penyalahgunaan narkoba berasal dari kalangan pelajar. Jasa Putra, Komisioner KPAI Divisi Monitoring dan Evaluasi menyebutkan bahwa 82,4% anak yang terjerat kasus narkotika berstatus pemakai, 47,1% sebagai pengedar, dan 31,4% sebagai kurir. Maraknya kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja disebabkan beberapa faktor seperti trend lingkungan pertemanan.

Unknown-9

Gambar 1. Penyuluhan Bahaya Narkoba kepada Murid-Murid Madrasah Al-Hidayatussalafiyah

Di masa ini semakin banyak remaja yang mulai terjerumus ke dalam hal seperti narkoba dikarenakan lingkungan yang salah dan tidak mendukung. Banyaknya remaja yang masih belum tau apa itu bahayanya yang disebabkan oleh narkoba dan masih kurangnya edukasi terkait hal ini. Faktor lingkungan sangat mempengaruhi dalam pola pikir anak sehingga perlu adanya pembicaraan khusus di masa-masa remaja dimana umur remaja ini rentan terpengaruhi dan penasaran untuk mencoba hal-hal yang baru. Pentingnya penanaman dan pembelajaran tentang nilai dan norma juga kepedulian terhadap sesama sangat penting dalam tumbuh kembang remaja dimasa sekarang supaya tidak mudah terjerumus kedalam hal-hal seperti narkoba.

Unknown-11
Unknown-12

Gambar 2. Foto Bersama Murid-Murid Madrasah Al-Hidayatussalafiyah

Program kerja dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Juli 2022 di Madrasah Al-Hidayatussalafiyah. Madrasah ini merupakan satu-satunya SMP yang berada di RW 008, Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta. Peserta yang mengikuti edukasi ini merupakan murid SMP sebanyak 86 orang, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9.. Materi yang diberikan berupa pengertian NAPZA, jenis-jenis narkotika, cara menghindari narkoba, dan dampak penggunaan narkoba. Selama penyuluhan materi berlangsung, murid murid Madrasah Al-Hidayatussalafiyah turut mendengarkan dengan baik dan bertanya pada saat sesi tanya jawab.

Penulis :
Ayesha Waneta Moenzil, Mahasiswa Oseanografi (FPIK)
Alfadjri Syah Aulia, Mahasiswa Teknik Lingkungan (FT)
Prasetyo Adhi Nugroho, Mahasiswa Teknik Lingkungan (FT)
Dosen Pembimbing Lapangan : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.
Lokasi : Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta