Inovasi Teknologi Asap Cair yang Digunakan dalam Pengolahan Produk Ikan Lele Asap Oleh Mahasiswi KKN Undip di Desa Kalipancur

Semarang (31/07), Ikan lele merupakan jenis ikan yang banyak dibudidayakan sehingga banyak dijual dipasaran dengan harga yang relatif tidak mahal. Jenis ikan yang tidak memiliki sisik sehingga dalam proses penyianganya tidak terlalu susah menjadikan ikan lele banyak untuk dikonsumsi menjadi berbagai macam olahan yang sangat enak untuk dikonsumsi. Ikan lele kaya akan kandungan gizi di dalamnya kini menjadi ikan yang paling banyak dicari.

Salah satu pemanfaatan ikan lele menjadi olahan yang luar biasa yang jarang ditemukan yaitu ikan lele asap. Proses pengasapan ikan yang tidak praktis dan masih banyak kandungan berbahaya yang dihasilkan membuat produk ikan asap jarang untuk diproduksi. Padahal untuk peminat dari ikan asap itu sendiri sangat banyak bahkan banyak untuk dicari. Maka dari itu kini terdapat teknologi terbaru yaitu asap cair yang dapat digunakan untuk proses pembuatan ikan asap yang praktis dan tidak mengandung zat yang berbahaya seperti karsinogenik.

Program kerja salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro yaitu Laras Widya dari jurusan Teknologi Hasil Perikanan, memperkenalkan dan mengajarkan pembuatan ikan lele asap dengan teknologi asap cair yang dapat dimanfaatkan untuk ibu-ibu PKK yang ingin praktis dalam membuat ikan asap. Pemanfaatan asap cair juga dapat dijadikan inovasi berbagai UMKM untuk dijadikan produk olahan terbaru bagi UMKM sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM. Pelatihan dilakukan untuk menghasilkan produk ikan lele asap dengan memanfaatkan teknologi asap cair dimana proses pembuatannya tidak diasap di atas bara api sehingga produk yang dihasilkan lebih higienis.

Pelatihan pembuatan ikan asap menggunakan asap cair di RW 02 Desa Kalipancur oleh salah satu mahasiswi KKN Undip mendapatkan respon positif dari ibu-ibu PKK setempat. Antusiasme dalam mengikuti kegiatan dengan membantu mahasiswi KKN dalam pembuatan ikan asap dan berbagai pertanyaan yang muncul mempertanyakan mengenai asap cair yang asing didengar oleh ibu-ibu menjadikan program kerja yang dilaksanakan salah satu mahasiswi KKN Undip berhasil dan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Kalipancur.

Penulis : Laras Widya Khasanah (Teknologi Hasil Perikanan, UNDIP)
Dosen Pembimbing : Ir. Bambang Sulistiyanto, M. Agr. Sc., PhD., I. P. U.