Semangat Pemuda dan Cinta Desa Lewat Ngaji Budaya

1c

Tayu Wetan – Tayu, Ngaji Budaya, sebuah acara baru yang diprakarsai oleh pemuda–pemuda Karang Taruna di Desa Tayu Wetan yang bernama “Melati”. Biasanya, pengajian dikemas dengan ceramah atau kegiatan yang bersifat resmi. Tapi kini, pemuda karang taruna Desa Tayu Wetan, mengemas acara dengan apik, dengan seni baik tarian, musik, vokal, hingga pembacaan puisi.

Pada dasarnya,  kegiatan Ngaji Budaya bertujuan untuk mengajak masyarakat desa semakin mencintai desanya, apalagi jika bukan Desa Tayu Wetan. Terdapat kurang lebih ratusan masyarakat yang hadir memenuhi Balai Desa Tayu Wetan pada malam Sabtu, tanggal 12 Agustus 2017.

1a

Acara ini dimulai pada jam setengah delapan malam dan berlangsung dengan meriah sampai tengah malam. Ngaji Budaya yang memiliki tema “Nata Desa Mbangun Negara” ini turut mengundang Kiai Budi Harjono dari Semarang sebagai pembicara selama acara berlangsung. Juga dimeriahkan oleh penampilan rebana al-Habsyi Tayu, penampilan seni Kaneman Tayu Wetan, penampilan musik dari Jazzwara Band Tayu, penampilan sima’ dari Tari Sufi Tayu, hingga penampilan pembacaan puisi oleh Nikita Putri Mahardhika, selaku perwakilan dari Tim II KKN UNDIP di Desa Tayu Wetan.

Selain menampilkan pembacaan puisi, mahasiswi Tim II KKN UNDIP Desa Tayu Wetan juga membuka acara Ngaji Budaya ini dengan gerak seni teatrikal pelemparan bunga sebagai bentuk syukur atas perayaan sedekah bumi.