Ciptakan Generasi Muda Berkualitas Unggul: Mahasiswa KKN Tim II Undip Adakan Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Narkotika dan obat-obatan terlarang telah menjadi ancaman serius yang dapat menghancurkan penggunanya. Fenomena penyalahgunaan narkoba di Indonesia sendiri sudah sangat mengkhawatirkan. Pelaku penyalahgunaan narkoba meluas ke semua lapisan masyarakat termasuk remaja yang merupakan generasi penerus bangsa. Apabila hal ini terjadi secara terus-menerus, tak ayal akan merusak masa depan anak bangsa, sehingga perlu diwaspadai dan segera diatasi.

Menanggapi masalah ini, maka Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengadakan penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dilaksanakan pada Senin pagi (18/7/2022) yang dihadiri oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 5 Kandangan. Dalam penyuluhan tersebut disampaikan materi mengenai pengertian narkotika menurut Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika (UU Narkotika), yang menjelaskan bahwa Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan tertentu. Dalam Undang-Undang tersebut terdapat tiga golongan yang didasarkan pada risiko ketergantungan.

Pada hakikatnya, Narkoba ini hanya dapat digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan dan/atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga adanya fenomena penyalahgunaan narkoba dapat diartikan seseorang menggunakan narkoba tanpa hak atau melawan hukum.

Dalam pemaparan materi juga dijelaskan mengenai data penyalahguna narkoba, faktor penyebab, dampak, ciri-ciri pengguna, serta kejahatan narkoba yang ditinjau dari perspektif hukum nasional dan hukum internasional. Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan siswa-siswi dapat lebih memahami dan mengerti bahwa tindakan penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya, berdampak negatif, dan harus dihindari. Dalam kegiatan ini juga diadakan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh para peserta.

Kepala SMP Muhammadiyah 5 Kandangan, Muhammad Ali Imron, menyampaikan bahwa penyuluhan ini merupakan suatu bentuk kegiatan yang sangat bermanfaat. “Terima kasih kepada Mahasiswa KKN Undip yang telah mengadakan penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini, maka siswa-siswi SMP Muhammadiyah 5 Kandangan diharapkan dapat memahami dan memiliki sikap untuk selalu menjauhi tindakan yang berpotensi untuk menyalahgunakan narkoba,” tutur Kepala Sekolah.

Penulis: Monic Shiela Zakaria – 11000119130605 Fakultas Hukum
Lokasi: Desa Malebo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Dosen Pembimbing Lapangan: Muhyidin, S.Ag., M.Ag., M.H.
KKN TIM II TAHUN 2021/2022