Olahan Pangan Menarik Ala Mahasiswi KKN UNDIP Untuk Tingkatkan Gemar Sayur pada Siswa-siswi

S-3850273
(Proses Pemberian Materi Edukasi)

Gabahan, Semarang Tengah (29/7/2022) – Elizabeth Irene Tobing, seorang mahasiswa Teknologi Pangan dari Universitas Diponegoro, dengan segenap Tim II KKN Univeristas Diponegoro 2021/2022 Kelurahan Gabahan menyelenggarakan edukasi mengenai sayur dan olahannya kepada siswa-siswi kelas III di SD Gabahan Kelurahan Gabahan, Kecamatan Semarang Tengah.

Sayur-sayuran merupakan bahan pangan yang dijadikan sumber mineral dan vitamin. Anak-anak pada umumnya tidak menyukai sayur karena warna sayur yang identik dengan warna hijau, tekstur keras dan rasa yang. Padahal vitamin, serat dan nutrisi lain ada pada sayur-sayuran. Hal ini menjadi masalah bagi tiap orang tua yang ingin memenuhi kebutuhan gizi anaknya. Salah satu jenis sayur yang mudah dikenalkan pada siswa-siswi adalah wortel dan brokoli.

Salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Elizabeth Irene Tobing, memberikan edukasi tentang sayur pada siswa-siswi kelas III di SD Gabahan yang terletak di Kelurahan Gabahan. Edukasi yang disampaikan berupa manfaat dan kandungan wortel serta brokoli. Siswa-siswi kelas III menerima dan merespon dengan edukasi yang disampaikan dengan semangat, sehingga tujuan mahasiswa menyampaikan edukasi terlaksana dengan baik.

87-BE5-D48-6-C00-40-EF-80-F4-5-D1-DC0-DA1470
(Siswa-siswi Berdiskusi Materi dengan Mahasiswa)

Pemberian edukasi mengenai sayuran, terutama wortel dan brokoli juga dilakukan dengan membagikan nugget dengan isian wortel dan brokoli kepada siswa-siswi kelas III di SD Gabahan. Olahan nugget dengan isian wortel dan brokoli ini dibuat oleh mahasiswa KKN sebagai media edukasi untuk menarik minat siswa-siswi kelas III terhadap sayur-sayuran. Para murid kelas III diberikan nugget dan harus menebak isian nugget tanpa melihat, hal ini dilakukan untuk menguji sensoris para murid terhadap rasa dan tekstur sayuran.

S-3899403
S-3899404
(Pemberian Nugget Sayur pada Siswa-siswi)

Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro 2021/2022 Kelurahan Gabahan berharap dengan diberikannya edukasi olahan sayuran kepada murid kelas III di SD Gabahan dapat meningkatkan ketertarikan siswa-siswi pada sayuran dan olahannya.

Penulis: Elizabeth Irene Tobing – Teknologi Pangan / Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro
Editor: Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum.