LET’S KNOW OUR NATURE! MAHASISWA KKN UNDIP AJAK SISWA SD NEGERI SRIWEDARI 01 MENGENAL DAN MEMAHAMI MANFAAT TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA)

IMG-20220811-155931

Pati (21/7/2022) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Nita Noviyanti, mengadakan kegiatan edukasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) kepada siswa-siswi SD Negeri Sriwedari 01 di Desa Sriwedari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati pada Kamis, 21 Juli 2022. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan tanaman di sekitar lingkungan rumah yang dapat dengan mudah ditanam dan mengandung banyak manfaat. Latar belakang di Desa Sriwedari yang komoditas utamanya merupakan hasil pertanian menjadikan cukup banyaknya TOGA di sekitar rumah warga dan tentunya para siswa. Mengingat banyaknya jenis dan manfaat dari TOGA yang dapat ditemukan di sekitar dan masih kurangnya pengetahuan anak-anak mengenai TOGA, maka dilaksanakan program edukasi dalam bentuk sosialisasi ini. Program ini berkaitan dengan SGDs poin ke-4 yakni pendidikan berkualitas dimana dengan adanya edukasi ini akan menambah wawasan para siswa dan juga ada hubungannya dengan poin ke-3 tentang kehidupan sehat dan sejahtera apabila tanaman TOGA dapat dimanfaatkan lebih lanjut.

1660186399763
IMG-20220811-101604

Kegiatan edukasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi ke siswa-siswi SD Negeri Sriwedari 01 dengan materi yang telah disiapkan berupa pengenalan tujuh TOGA yang mudah ditemukan di sekitar rumah siswa (jahe, kencur, kunyit, lengkuas, lidah buaya, sirih, daun kemangi) serta manfaatnya baik sebagai obat penyembuhan penyakit ataupun peningkatan daya tahan tubuh. Kemudian dilanjut dengan beberapa games sebagai sesi ice breaking. Selain itu, dibuat juga poster beberapa tanaman TOGA dan manfaatnya untuk ditempel di lingkungan sekolah sehingga siswa-siswa tidak mudah lupa mengenai edukasi yang diberikan yang diharapkan mampu menambah wawasan siswa dan memicu kreativitas dari materi yang disampaikan.

Selama keberlangsungan kegiatan ini, siswa-siswi SD Negeri Sriwedari 01 terlihat sangat antusias terhadap materi yang disampaikan. Pengetahuan mereka mengenai TOGA juga sudah cukup bagus ketika diberi pertanyaan mengenai salah satu contoh TOGA, para siswa dengan sangat antusias tunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Harapannya, kegiatan edukasi ini dapat memberi ilmu baru yang tahan lama kepada para siswa di SD Negeri Sriwedari 01 sehingga kedepannya mereka dapat mengaplikasikan apa yang sudah disampaikan.

Penulis:
Nita Noviyanti
S1 – Biologi
DPL: Ocid Mursid, S.T., M.T.