Bantu Tingkatkan Keterampilan UMKM, Inilah Manfaat Kartu Pra Kerja

Whats-App-Image-2022-08-11-at-16-38-30

Semarang (21/07/2022) – Kartu Prakerja adalah adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan para pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program Kartu Prakerja merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada sektor perlindungan sosial.

Para peserta program Kartu Prakerja akan mendapat manfaat berupa bantuan pelatihan atau pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan. Para peserta juga mendapatkan insentif yang diberikan secara non tunai. Oleh karena itu, selaku mahasiswa KKN TIM II Undip, Rani Wahyu Wulandari (21), membantu mengedukasi pentingnya Kartu Pra Kerja bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Jangli.

Edukasi Kartu Prakerja kepada masyarakat dilakukan dengan dua acara, yaitu menjelaskan dan membagikan poster yang berisi manfaat dari kepemilikan Kartu Prakerja, serta membagikan poster kepada para pelaku UMKM agar teredukasi dan termotivasi untuk membuat Kartu Prakerja. Sosialisasi dilakukan di hari yang sama seusai bazaar UMKM di SMP 17 Kota Semarang. Para pelaku UMKM nampak antusias dan bertanya mengenai Kartu Prakerja.

Penulis: Rani Wahyu Wulandari | NIM 12020119120027 | Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan | Fakultas Ekonomika dan Bisnis
#KKNtimIIperiode2022 #P2KKNUndip #LPPMUndip #Undip #UniversitasDiponegoro #QRIS