KEREN, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Bantu Siswa SMA Menjual Produk Pakcoy Organik Dengan Memperkenalkan Digital Marketing
Depok (11/08/2022) – Mahasiswa KKN TIM II Undip 2022 melaksanakan program kerja KKN yang dilaksanakan selama 45 hari. Tema KKN TIM II Undip yang diusung pada program ini adalah penerapan tema ekonomi kreatif yang dilaksanakan.
Pada minggu ke 5 05/08/2021 Mahasiswa menjalankan program invidu yaitu, Edukasi Digital Marketing untuk Siswa SMA di Yayasan Master Indonesia. Sosialisasi diberikan melalui presentasi dan poster. Sosialisasi diberikan untuk mendukung siswa SMA MASTER dalam melaksanakan program mata pelajaran kewirausahaan yaitu usaha produk pakcoy organik. Produk belum bisa dijual dengan cara efektif. Target pasar yang belum jelas, pemasaran yang dilakukan secara sederhana seperti door to door sales, dan kurangnya pemanfaatan penjualan secara digital. Oleh karena itu Edukasi Digital Marketing untuk Siswa SMA di Yayasan Master Indonesia ini dilakukan untuk memperkenalkan pemasaran berbasis digital kepada siswa SMA agar membantu dalam melakukan penjualan produk.
Sosialisasi dilakukan dengan memperkenalkan tren, jenis-jenis, dan tips cara melakukan digital marketing. Digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Digital marketing diperlukan untuk memasarkan produk melalui media sosial atau marketplace dapat menjangkau pasar yang lebih luas untuk meningkatkan branding merek dan melayani konsumen secara online. Beberapa marketplace yang menjual hasil tani seperti Agromaret, TaniHub, Petani, dll. dapat menjadi opsi tempat pemasaran produk pakcoy organik. Dengan produk pakcoy organik pemanfaatan digital marketing akan efektif dalam memasarkan produk kepada konsumen yang peduli akan kualitas makanan yang dikonsumsi.
Diharapkan program kerja yang telah berjalan ini dapat menambah wawasan kepada siswa SMA MASTER agar lebih mudah dalam melakukan pemasaran produk.
Penulis: Rafly Zuhdi Setyawan
DPL: Asri Nurdiana, S.T., M.T.