Home » Lokasi KKN » Kab. Temanggung » “Buta Naga-Ibu Tau, Anak Bahagia” Program Penyuluhan Tumbuh Kembang Anak Pada Masa Balita atau Masa Golden Age Serta Pentingnya Awarness Pada Anak.

“Buta Naga-Ibu Tau, Anak Bahagia” Program Penyuluhan Tumbuh Kembang Anak Pada Masa Balita atau Masa Golden Age Serta Pentingnya Awarness Pada Anak.

20170807_091904Temanggung, 8 Agustus 2017.. Anak merupakan harta yang sangat berharga bagi orang tua. Tumbuh kembang anak tidak lepas dari lingkungan dimana mereka berada. Usia 2-8 Tahun merupakan masa emas anak dimana anak memiliki potensi luar biasa dalam dirinya.Lingkungan keluarga kemdian lingkungan sosial merupakan lingkungan dimana anak membentuk perilaku serta pencarian jatidiri untuk penentuan identitas anak. Peran orang tua pada proses ini sangat penting. Orang tua dituntut untuk dapat mengasuh anak serta mengawasi anak dengan baik agar anak dapat menjadi pribadi yang baik. Pada Desa Kedawung terlihat banyak anak yang memiliki perilaku yang seharusnya tidak dilakukan pada usianya.Orang tua atau instansi pendidikanlah yang dapat mengembangkan potensi yang ada didalam diri anak. Anak ibarat kertas kosong dimana lingkungan sekitar yang akan mengisi kertas tersebut dengan segala sesuatu hal yang akan membentuk pribadi anak. Apabila sejak dini anak tidak ditanamkan nilai-nilai kebajikan ataupun nilai kebaikan, anak akan menjadi pribadi yang kurang baik yang akan mempengaruhi masa depannya kelak.

20170807_081843

“Buta Naga-Ibu Tau Anak Bahagia” merupakan program pemberdayaan ibu-ibu untuk mengetahui lebih dalam mengenai tumbuh kembang anak serta pentingnya kelekatan antara anak dan orang tua. Banyak orang tua yang bekerja sebagai petani dan pekerja yang memang harus meninggalkan desa dan anaknya, sehingga waktu untuk bersama anak hanya sedikit. Ketika pulang bekerja orang tua akan terasa lelah dan menghabiskan banyak waktu untuk istirahat serta kegiatan yang lain. Maka dari itu program ini direncanakan serta dilaksanakan demi membuka wawasan serta kesadaran orang tua akan pentingnya anak serta tumbuh kembangnya.

Tujuan dari program adalah memberikan informasi akan pentingnya mengetahui tumbuh kembang anak dan hubungan anak dengan lingkungan sekitar. Permasalahan yang terjadi pada lingkungan Desa Kedawung orang tua belum mengetahui pentingnya bentuk pola asuh yang sesuai dengan pribadi anak masing-masing serta pengawasan anak pada lingkungan dimana anak berada. Sehingga pentingnya memberikan kesadaran kepada orang tua dengan pelatihan kepada guru PAUD Bintang Kecil yang nantinya akan terus melanjutkan keberlangsungan program ini selama berada di Desa Kedawung. Sasaran program ini adalah guru PAUD serta orang tua/wali murid siswa/siswi PAUD Bintang Kecil.