Home » Lokasi KKN » Kab. Pemalang » Cita Rasa Khas Desa Loning

Cita Rasa Khas Desa Loning

Loning, 10 Agustus 2017.  Dusun Loning merupakan salah satu dusun yang terletak di desa Loning. Salah satu potensi UMKM yang terdapat di dusun Loning adalah Rempeyek buatan Pak Dhari. Di dalam kesehariannya, beliau adalah seorang petani yang juga bekerja sambilan sebagai pembuat rempeyek.

Kegiatan membuat rempeyek ini sudah ia tekuni selama lebih dari sepuluh tahun. Dalam membuat rempeyek ia dibantu oleh istrinya, sebut saja Bu Yanah. Rempeyek buatan pasangan suami istri ini dapat dikatakan sangat terkenal. Seringkali mereka mendapat pesanan rempeyek dalam jumlah besar dari kalangan desa maupun luar.

Rempeyek buatan Pak Dhari memiliki varian rasa kacang hijau dan kacang tanah. Akan tetapi, mereka lebih sering mendapat pesanan rempeyek rasa kacang hijau. Untuk saat ini, sistem produksi yang dilakukan Pak Dhari hanya dilakukan apabila mendapat pesanan saja. Pada saat kami disuruh mencoba mencicipi rempeyek kacang hijau buatannya, benar-benar sudah layak apabila dipasarkan dalam skala yang lebih luas. Kerenyahan yang berpadu dengan gurih yang pas, mampu membuat kami ketagihan rempeyek tersebut.

IMG_20170811_165257

Proses pengemasan rempeyek Paris (Paling Laris) bersama Bu Yanah

Maka dari itu, kami pun berniat untuk mengembangkan potensi UMKM rempeyek tersebut. Langkah awal yang kami yang kami tempuh melakukan pendataan terkait profil UMKM rempeyek tersebut. Langkah selanjutnya, kami memberi masukan kepada Bu Dhari dalam inovasi pengemasan produk, supaya terlihat lebih menarik. Sehingga harapannya mampu menarik hati minat pembeli.

 

Sesampainya di posko kami mulai membagi tugas dengan mempersiapkan segala sesuatu untuk mengemas produk rempeyek tersebut menjadi menarik. Kami juga memberi label rempeyek tersebut yang kami desain dengan gaya retro klasik agar terlihat mewah. Slogan untuk produk rempeyek ini juga tidak lupa kami tambahkan. Untuk memudahkan pemesanan lebih lanjut, kami mencantumkan nomor telepon Pak Dhari ke dalam label kemasan rempeyek tersebut.

Alhasil, kemasan rempeyek Pak Dhari menjadi terlihat lebih berkelas dengan tulisan varian rasa di sisi paling atas. Pada tulisan utama produk tersebut terlihat “Oleh-oleh khas Desa Loning Rempeyek Paris (Paling Laris)”. Komposisi rempeyek juga tidak lupa kami cantumkan di label sebagai syarat umum label sebuah produk.

IMG_20170811_173301

ampel kemasan rempeyek Paris (Paling Laris)

Pada saat Expo KKN Pemalang yang dilaksanakan di Sungapan, kami membawa produk rempeyek ciri khas desa Loning untuk dijual. Bagi pembeli yang berminat, kami juga menyediakan tester rempeyek yang kami letakkan dalam wadah terpisah agar calon pembeli dapat merasakan terlebih dahulu bagaimana kelezatan rempeyek buatan Pak Dhari.

Hasil dari penjualan rempeyek Paris dapat dikatakan cukup lumayan. Hasil pengembangan produk yang kami lakukan dapat meraup keuntungan hingga 25%. Para pembeli juga tertarik untuk bertanya-tanya apabila melewati stand desa Loning. Walaupun terkadang juga terjadi tawar-menawar yang berakhir hampa. Dari aktivitas kami, dapat membuktikan bahwa hasil dari pengembangan produk Rempeyek ternyata berdampak cukup signifikan. Kami juga senang dapat membantu Pak Dhari dan Bu Yanah hingga membuat mereka tersenyum.

 

 

Tim II KKN Undip 2017 desa Loning

(Minggu kelima)