Home » Lokasi KKN » Kab. Pemalang » Kelestarian Tradisi

Kelestarian Tradisi

Loning, 4 Agustus 2017.  Malam itu, warga dusun Kedemungan desa Loning menyelenggarakan tradisi rutin sedekah bumi. Tradisi ini rutin dilakukan oleh warga dusun Kedemungan setiap tahun sekali. Kegiatan ini biasanya dilakukan ketika mendekati Hari Raya Idul Adha. Acara sedekah bumi ini diselenggarakan secara terbuka di RT 07 dusun Kedemungan.

Menurut informasi yang kami dapat dari warga setempat, kegiatan sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas melimpahnya hasil panen pertanian. Bagi kami, peristiwa ini merupakan pengalaman pertama yang kami alami dalam tradisi sedekah bumi.

Malam itu jarum jam menunjukkan pukul 20.00 WIB. Warga Kedemungan sedikit demi sedikit mulai berdatangan menuju lokasi diadakannya acara sedekah bumi. Para warga berdatangan sambil membawa tumpeng berukuran kecil lengkap dengan sayur urap serta lauk seperti tempe, tahu, telur dan kerupuk.

Tidak sampai satu jam kemudian, para warga yang datang sudah terlihat cukup padat dengan duduk secara lesehan. Mereka duduk secara melingkar, tumpeng yang tadi dibawa oleh masing-masing warga diletakkan di tengah-tengah mereka. Salah satu warga yang juga merupakan tokoh masyarakat dusun Kedemungan (sebut saja Pak Daroji) mulai membuka acara hingga memimpin doa.

IMG20170805195047Masyarakat dusun Kedemungan mengikuti tradisi sedekah bumi dengan penuh khidmat.

Kami beserta seluruh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut mengikuti acara dengan penuh khidmat. Setelah doa selesai dipanjatkan, para warga kembali dipersilahan mengambil tumpeng, akan tetapi tumpeng yang dibawa pulang berbeda dengan tumpeng yang dibawa pada saat berangkat. Seolah-olah para warga seperti hanya bertukar tumpeng  antar satu sama lain.

Para warga pulang ke rumah masing-masing dengan tertib dengan masing-masing membawa tumpeng yang sudah dibacakan doa oleh sesepuh desa tadi. Tradisi ini rutin dilaksanakan karena mayoritas mata pencaharian warga desa Loning (khususnya dusun Kedemungan) adalah petani. Hasil pertanian di desa Loning dapat dikatakan cukup melimpah. Hal inilah yang melatarbelakangi mengapai tradisi sedekah bumi di dusun Kedemungan desa Loning masih terus dilakukan hingga saat ini. Tradisi sudah dilakukan sejak berpuluh-puluh tahun lamanya dan akan tetap lestari hingga tahun-tahun berikutnya.

 

Tim II KKN Undip 2017 desa Loning

(Minggu keenam)