Mahasiswa Undip Memperkenalkan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Brand Awareness
Pleburan, Kota Semarang (04/08) – Pada era digital saat ini, digital marketing menjadi hal yang sangat penting bagi pengembangan UMKM. Digital Marketing adalah suatu bentuk kegiatan yang dijalankan oleh pelaku usaha dalam rangka melakukan pemasaran sebuah produk atau merek, baik itu produk barang maupun produk jasa melalui pemanfaatan teknologi informasi digital, seperti menggunakan media elektronik, maupun menggunakan media berbasis internet. Tidak dapat dipungkiri digital marketing memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Penghematan biaya promosi dan jangkauan target pasar yang lebih luas menjadikan pemasaran digital sangat menjanjikan untuk diterapkan.
Kelurahan Pleburan memiliki potensi wilayah yang baik dalam kegiatan bisnis. Akan tetapi, masih dijumpai UMKM di Kelurahan Pleburan yang masih memasarkan produknya secara tradisional sehingga para pelaku UMKM memerlukan sosialisasi mengenai digital marketing agar lebih dikenal masyarakat baik warga setempat maupun warga dari luar. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan sosialisai untuk mengenalkan digital marketing pada para pelaku UMKM.
Pelaksanaan program sosialisasi digital marketing dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Agustus 2022. Media yang digunakan untuk meng-edukasi para pelaku UMKM dengan menggunakan poster. Materi yang diberikan pada sosialisasi ini adalah pengertian digital marketing, bentuk digital marketing, dan manfaat dari penggunaan digital marketing. Selain itu, mahasiswa KKN Tim II Undip juga memberitahu bagaimana cara menggunakan media digital yang baik untuk memasarkan produk yang dihasilkan para pelaku UMKM.
Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan para pelaku UMKM di Kelurahan Pleburan mendapat wawasan yang bermanfaat bagi pelaku usaha guna meningkatkan penjualannya dan dapat bersaing dengan kompetitor lain. Selain itu, dapat meningkatkan penjualan produk sehingga kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Pleburan juga ikut meningkat.
Penulis: Salza Asasyifaa (40020619650085)
Departemen :Sekolah Vokasi – (Informasi dan Hubungan Masyarakat 2019)
Dosen Pembimbing Lapangan: Rosyida, S.P., M.Sc.