Waspada Penyebab Penyakit Mematikan! Mahasiswa KKN Berikan Edukasi Mengenai Bahaya Obesitas dan Pentingnya Deteksi Dini

Tawangsari, Semarang Barat (17/7/2022) & (24/7/2022) – Obesitas merupakan salah satu gangguan kesehatan yang tidak jarang terjadi. Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan akibat asupan energi yang masuk tidak seimbang dengan energi yang dikeluarkan. Obesitas dapat berujung pada berbagai komplikasi penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan lain-lain. Dengan demikian, kejadian obesitas harus dideteksi secara dini agar tidak berujung pada berbagai komplikasi penyakit yang membahayakan. Berdasarkan permasalahan ini, mahasiswa KKN TIM II 2022 Universitas Diponegoro memberikan edukasi dan melakukan deteksi dini obesitas di Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Edukasi-obes-2

Kegiatan edukasi dilakukan pada hari Minggu, 17 Juli 2022 di RW 4 Kelurahan Tawangsari. Kegiatan dimulai setelah kegiatan senam ibu-ibu RW 4 berakhir. Leaflet berisikan materi obesitas dibagikan kepada tiap peserta yang hadir. Mahasiswa memaparkan materi terkait pengertian, deteksi dini, komplikasi, dan pengelolaan obesitas.

Edukasi-obes-1

Rangkaian kegiatan bertema obesitas ini dilanjutkan dengan deteksi dini melalui pengukuran antropometri, yaitu berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Juli 2022. Setiap data pengukuran dituliskan di kartu pendataan kesehatan masing-masing peserta yang telah dibagikan sebelum kegiatan dimulai. Mahasiswa memberikan penjelasan dan edukasi singkat terkait data pengukuran yang didapatkan masing-masing peserta.

Antropometri-RW-4

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari ibu-ibu RW 4 yang dilihat dari jumlah peserta yang bersedia untuk melakukan pengukuran antropometri. Rangkaian kegiatan edukasi dan deteksi dini obesitas diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya obesitas dan mulai menerapkan serta membiasakan pola hidup sehat yang tercermin pada pola makan, aktivitas fisik, dan istirahat.

“Terima kasih ya sudah berbagi pengetahuan tentang obesitas di sini. Saya dan warga di sini sangat mengapresiasinya. Semoga dengan pengetahuan yang disampaikan dan juga dari data pengukuran yang didapat tadi, ibu-ibu di sini semakin aware untuk jaga pola makan, rajin olahraga, dan istirahat yang cukup juga,” ucap Kak Vivian selaku penanggung jawab senam RW 4 Kelurahan Tawangsari.

Penulis: Flesya Putri Sianipar
DPL: Rosa Amalia, S.Pi., M.Si.
Lokasi: Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat