Membangkitkan UMKM Melalui Persaingan Sehat, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022 Memberikan Sosialisasi Pentingnya Etika Berbisnis Untuk UMKM
Semarang (05/08/2022), Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau biasa disebut dengan UMKM merupakan suatu kegiatan usaha yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang memenuhi kriteria usaha mikro. Tujuan dari sebuah UMKM tidak berbeda dengan jenis usaha lainnya, yaitu mencari keuntungan atau profit. Semakin banyak produk yang terjual, semakin besar keuntungan bagi pelaku UMKM.
Untuk mencapai profit yang diinginkan, para pelaku UMKM tentunya harus melakukan berbagai upaya agar produknya dapat terjual dengan baik. Penjualan produk dalam bisnis ini harus dilakukan dengan etika bisnis yang baik pula. Namun, masih banyak UMKM di RW 02 Srondol Kulon yang membutuhkan pengetahuan lebih lanjut mengenai apa maksud dari etika bisnis yang baik serta seberapa pentingnya menerapkan etika bisnis untuk usaha mereka. Pengetahuan yang terbatas ini menyebabkan orang terkadang melakukan upaya yang mungkin tidak baik atau sehat baik secara sengaja maupun tidak sengaja demi dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang ada.
Berdasarkan penjelasan tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP melakukan sosialisasi kepada sepuluh pelaku UMKM di daerah RW 02 Kelurahan Srondol Kulon terkait etika bisnis yang baik melalui media poster. Sosialisasi ini dilaksanakan dengan cara door-to-door ke kios-kios yang ada di daerah RW 02 Srondol Kulon. Dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa berbagi tentang apa itu etika bisnis, betapa pentingnya etika bisnis untuk UMKM, apa saja prinsip dalam beretika bisnis, serta bagaimana contoh penerapan yang dapat dilakukan para pelaku UMKM secara sederhana. Tak hanya itu, mahasiswa pun menyediakan materi online mengenai etika bisnis secara komprehensif yang dapat diakses dengan cara memindai QR code yang tertera pada poster.
Diharapkan melalui sosialisasi ini, masyarakat khususnya para pelaku UMKM di RW 02 Kelurahan Srondol Kulon dapat lebih paham tentang etika bisnis yang baik dan usaha yang mereka lakukan dapat bersaing secara sehat.
Poster dapat diakses melalui link berikut:
https://bit.ly/PosterEtikaBisnisUMKM
Materi online dapat pula diakses melalui link berikut: https://bit.ly/PentingnyaEtikaBisnisUMKM
Penulis: Nabila Rahmananda Komara (Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Studi Manajemen 2019, KKN Tim II UNDIP Tahun 2022)
Dosen Pembimbing Lapangan: Retna Hanani, S.Sos., M.PP.