Home » Lokasi KKN » Kab. Pemalang » Semarak Hari Kemerdekaan

Semarak Hari Kemerdekaan

Loning, 15 Agustus 2017. Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-72, Tim Penggerak PKK desa Loning mengadakan serangkaian acara lomba untuk kategori ibu-ibu dan anak-anak. Lomba ini diselenggarakan di aula Balai Desa Loning.

Total lomba yang diselenggarakan berjumlah delapan macam jenis perlombaan, diantaranya lomba makan kerupuk, lomba bola kelereng, lomba joged balon, lomba bola terong, lomba pindah keranjang, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba rias wajah tanpa make up, lomba pecah air, dan lomba karaoke.

Karena banyaknya jenis lomba yang diselenggarakan, dirasa jika seluruhnya diselesaikan dalam waktu satu hari tidak akan cukup. Maka dari itu dalam pelaksanaanya diselenggarakan dalam dua hari, yakni hari Selasa tanggal 15 Agustus 2017 sampai hari Rabu tanggal 16 Agustus 207.  Tiap masing-masing hari dilaksanakan empat cabang lomba.

Dari masing-masing lomba tersebut nantinya diambil tiga juara terbaik. Kami selaku Tim KKN desa Loning dimintai tolong oleh ibu-ibu Tim Penggerak PKK untuk membantu segala persiapan lomba serta diberi amanah untuk menjadi juri dalam seluruh perlombaan tersebut. Dengan senang hati kami menyanggupi permintaan tersebut.

Di dalam jadwal yang sudah diumumkan, perlombaan akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Pagi itu, waktu masih menujukkan pukul 8.00, akan tetapi antusiasme masyarakat untuk turut serta memeriahkan lomba terlihat begitu menggelora. Wajah-wajah sumringah ibu-ibu serta anak-anak seakan sudah tidak sabar menanti serangkaian lomba  yang akan diselenggarakan.

Screenshot_2017-08-16-14-33-06Suasana meriah pada saat pelaksanaan lomba

Pada hari itu, Balai Desa Loning benar-benar terlihat sangat ramai. Kami mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk memperlancar serangkaian lomba yang akan dilaksanakan. Dalam kegiatan ini, kami membagi dua tugas bagi anggota tim KKN putra, mempersiapkan sound system dan menata kursi peserta lomba. Sedangkan anggota tim KKN putri bersama dengan ibu-ibu tim penggerak PKK mempersiapkan barang-barang yang digunakan untuk teknis lomba.

Tepat pada pukul 09.00 acara dimulai, sambutan terlebih dahulu disampaikan oleh ibu Siti Munadhiroh selaku ketua panitia pelaksanaan Lomba 17 Agustus. Beliau menyampaikan pesan bahwa serangkaian kegiatan ini merupak sebuah momentum dalam menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia, selain itu beliau juga berpesan kepada para peserta lomba agar selalu sportif.

Kemeriahan acara ini berlangsung selama dua hari, animo masyarakat di hari kedua tidak jauh berbeda dengan hari pertama. Serangkaian kegiatan ini berjalan dengan tertib dan aman. Tim KKN Undip selaku juri berusaha menilai setiap perlombaan dengan seadil-adilnya. Seluruh peserta lomba juga dengan senang hati menerima setiap keputusan juri. Canda tawa masyarakat dalam setiap perlombaan menjadi saksi kebahagian kami dalam memeriahkan kegiatan tersebut. Para peserta yang memenangkan lomba diumumkan pada saat pada saat malam Wungon (Malam 17 Agustus).

 

 

Tim II KKN Undip 2017 desa Loning

(Minggu Keenam)