CANGGIH NAN KREATIF! MAHASISWA KKN UNDIP MELAKUKAN SOSIALISASI PEMASARAN ONLINE PADA UMKM RW 018 PENGASINAN
Bekasi (04/08/2022) – Pandemi Covid-19 memberikan beberapa pengaruh pada perekonomian Indonesia, salah satunya adalah terjadinya peningkatan pengangguran dan penurunan pendapatan bagi masyarakat yang terdampak. Penyesuaian dan perkembangan dalam kegiatan perdagangan dan usaha sangat penting untuk bertahan. Oleh karena itu, perlu ada sosialisasi tentang pentingnya memasarkan produk dengan mengambil seluruh kesempatan, seperti menggunakan sosial media. Meningkatkan kualitas pada produk juga penting dengan harapan akan meningkatkan penjualan.
Namun, pengetahuan yang dimiliki ibu-ibu rumah tangga dan pemilik usaha kecil masih rendah untuk melakukan pemasaran melalui media sosial. Ibu-ibu tersebut berkata bahwa melakukan pemasaran di media sosial susah pengelolaannya karena berbeda dengan pemasaran secara langsung. Selain itu, kemampuan kreativitas dalam mendesain kemasan produk sangat terbatas untuk menarik perhatian para pelanggan baru. Padahal, desain kemasan produk merupakan salah satu hal pertama yang diperhatikan pelanggan dalam membeli suatu produk. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Undip bernama Salindri Vidakiswara, berinisiatif untuk melakukan sosialisasi mengenai Pemasaran melalui Media Sosial dan Desain Kemasan Produk. Program ini dilakukan dengan melakukan pemaparan materi melalui Powerpoint, lalu dilanjutkan dengan melakukan pemaparan materi tentang manajemen pengelolaan melalui jurnal poster.
Sosialisasi mengenai Pemasaran melalui Media Sosial dan Desain Kemasan Produk ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada. Selain itu, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan para peserta UMKM. Dengan meningkatkan kemampuan pengelolaan pemasaran dalam media sosial via Instagram dan desain kemasan produk, perkembangan bisnis akan meningkat dengan terkelola, kreatif, dan lebih dekat dengan pelanggan.
Program tersebut dilaksanakan tanggal 4 Agustus 2022 di rumah Pak Nabas, ketua RW 018. Pada kegiatan tersebut, para ibu-ibu rumah tangga dan pemilik usaha kecil mendapatkan pemaparan materi mengenai hal tersebut. Setelah dilakukan pemaparan materi, para ibu-ibu rumah tangga dan pemilik usaha kecil mendapatkan jurnal poster tentang pengelolaan media sosial Instagram dan persiapan desain kemasan produk.
(Pemaparan Materi tentang Pemasaran melalui Media Sosial dan Desain Kemasan Produk)
Setelah melakukan pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian Jurnal Poster tentang pengelolaan media sosial dan persiapan desain kemasan produk. Pengisian analisis tersebut didampingi oleh mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk mengatur dan mengawasi konten-konten yang dirilis pada media sosial Instagram agar tetap efektif dalam memasarkan produk yang ditawarkan. Selain itu, perancangan dan persiapain sebelum merilis desain kemasan produk dapat dilakukan dengan optimal untuk menarik perhatian pelanggan.
(Melakukan Pembagian Jurnal Poster)
Kegiatan berjalan dengan kondusif dan lancar. Para ibu-ibu rumah tangga dan pemilih usaha kecil sangat antusias dalam berpartisipasi dan memahami materi yang disampaikan. Harapnya, kemampuan mereka dalam mengelola media sosial dan kreativitas untuk membuat desain kemasan produk meningkat. Semoga perjalanan bisnis mereka berjalan dengan lancar dan target-target perkembangan bisnisnya tercapai.
Penulis: Salindri Vidakiswara (Ekonomi)
Dosen Pembimbing Lapangan: dr. Siti Fatimah, M.Kes
Lokasi: Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi