Mahasiswa Tim II KKN Undip Ajak Pelaku UMKM RW 013 Untuk Menerapkan Digitalisasi Marketing Melalui Sosial Media Instagram
Pengasinan, Bekasi (11/08) – Kegiatan Sosialisasi Digitalisasi Marketing kepada Pelaku UMKM RW 013 telah berhasil diselenggarakan secara langsung pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 di Balai Karang Taruna RW 013. Kegiatan Sosialisasi ini merupakan salah satu program Monodisiplin dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022. Kegiatan Penyuluhan dan Sosialsiasi Digitalisasi Marketing ini diikuti oleh 20 peserta yang menjadi pelaku UMKM di sekitar RW 013.
Seperti yang kita ketahui, langkah digitalisasi UMKM merupakan sebuah langkah untuk mengakselerasikan pengembangan UMKM di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital. Dengan melakukan digitalisasi UMKM membuat para pelaku UMKM lebih mampu dan siap untuk beradaptasi dengan kondisi pasar. Lantaran, pola hidup masyarakat saat ini sudah berubah menjadi lebih praktis dengan memanfaatkan teknologi. Merupakan keputusan yang tepat bagi pelaku UMKM untuk memasarkan dan mengenalkan produknya secara online sebagai bentuk adaptasi bisnis.
Dengan melakukan digitalisiasi UMKM, maka pelaku UMKM juga perlu untuk menerapkan digitalisasi marketing untuk memasarkan produknya melalui sosial media Instagram. Kegiatan sosialisasi yang dirancang oleh Indiana Meidyanti selaku penyaji materi berhajat untuk memberikan arahan kepada pelaku UMKM mengenai cara melakukan marketing di sosial media Instagram. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini mulai dari cara pembuatan sosial media Instagram, pembuatan konten yang bernilai untuk menarik publik, serta cara berjualan melalui sosial media Instagram. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung kurang lebih selama 1 jam, yang sudah termasuk ke dalam sesi tanya jawab. Rangkaian sosialisasi digitalisasi marketing disambut antusias oleh para peserta karena pelaksanaan program ini di saat yang bersamaan dengan keinginan para pelaku UMKM yang hadir untuk mulai memasarkan produknya di sosial media Instagram.
Sosialisasi digitalisasi marketing ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari salah satu peserta, yaitu Pak Mail salah satu pelaku UMKM yang menjual Es Podeng di sekitar RW 013 Pengasinan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami para pelaku UMKM karena kami bisa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai pemasaran melalui sosial media. Terima kasih sekali lagi karena sudah hadir dan melaksanakan kegiatan ini”, ujar Pak Mail.
Mahasiswa: Indiana Meidyanti
DPL: Nissa Kusariana, S.KM., M.Si.