Pengoptimalan Produk UMKM Sale Pisang “Sekar”
Gambar: Pak Yatin, pemilik Sale Pisang “Sekar” sedang diberikan pelatihan membuat dan mengoperasikan sosial media serta memilih bahan untuk kemasan produk
Sebagai UMKM Desa Simbangjati, Tulis yang baru berjalan selama 6 bulan, Sale Pisang “Sekar” terbilang cukup popular di Batang, Pekalongan dan sekitarnya. Sayangnya kepopuleran Sale Pisang “Sekar” baru tersebar melalui mulut ke mulut saja. Selain bungkus yang terbilang masih sederhana, UMKM ini juga belum mempunyai inovasi dan logo design yang menarik untuk produknya.
Berdasarkan permasalahan tersebut, TIM II KKN Universitas Diponegoro memberikan pendampingan dan pelatihan untuk membantu mengembangkan UMKM tersebut. Pelatihan yang akan diberikan yaitu meliputi beberapa hal seperti branding, promotion, inovasi rasa, pengolahan limbah, dan alternatif alat pengeringan. Minggu lalu, 6 Agustus 2017, Pak Yatin selaku pemilik usaha tersebut diberikan pelatihan untuk membuat dan mengoperasikan sosial media sebagai langkah awal untuk memperluas jangkauan pasar. Instagram, official account LINE, Facebook, dan Tokopedia adalah beberapa media sosial yang digunakan. Pelatihan pembuatan design untuk brand produknya pun juga diberikan sehingga terciptalah merk produk Sale Pisang “Sekar” dengan tampilan yang lebih menarik dari sebelumnya. Selain itu TIM II KKN juga membantu memilihkan kemasan yang lebih berkualitas namun tetap ekonomis sehingga bisa membuat produk lebih tahan lama. (Hesti / TIM II KKN 2017, UNIVERSITAS DIPONEGORO)