Hemat Pangkal Kaya! Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Anak-Anak SDN Bendan Ngisor Untuk Belajar Mengelola Keuangan Sejak Dini

IMG20220804090901

Kamis, 4 Agustus 2022 Mahasiswa memberikan penyuluhan di SDN Bendan Ngisor

Bendan Ngisor (04/08/2022) – Menabung memberi banyak manfaat kepada para pelakunya, salah satunya mengajarkan mengenai bagaimana mengelola keuangan yang baik. Hal ini dapat diterapkan tidak hanya bagi mereka yang sudah dewasa, namun juga dapat diterapkan dan dimulai pada anak-anak. Dengan menabung, tanpa disadari dapat memberi pengaruh pada pembentukan karakter anak. Tujuannya tak lain agar anak dapat memahami konsep pengelolaan uang dan dana cadangan.

Namun, era ini banyak masyarakat yang cenderung merasa belum layak untuk menabung karena belum memiliki keuangan yang cukup untuk disisihkan dan ditabung. Hal ini tertanam tidak hanya pada stigma dan pemikiran orang dewasa, namun juga pada anak-anak. Berkaca dari permasalahan ini, penulis sebagai Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022 terdorong untuk menyusun program dengan judul “Financial Management: Yuk Menabung Sejak Dini“.

IMG20220804083121

Mahasiswa memberi materi kepada siswa kelas 6 SDN Bendan Ngisor

Program ini dilaksanakan di SDN Bendan Ngisor dengan sasaran peserta siswa kelas 6 SD, dalam bentuk penyuluhan yang dilakukan dengan fokus meningkatkan kesadaran masyarakat melalui anak-anak untuk menabung tanpa adanya stigma bahwa menabung hanya dapat dilakukan saat memiliki banyak uang atau dalam kondisi keuangan yang sangat baik. Program ini dijalankan bersamaan dengan mahasiswa lainnya yang membawa program Psikoedukasi Perilaku Asertif dan Penggunaan Bahasa Inggris di Era Digital. Selain memberikan materi dengan sistem presentasi, mahasiswa juga memberikan poster yang ditempel di Majalah Dinding SDN Bendan Ngisor.

Poster-Mono-II-Menabung
20220804-095022

Poster yang dibuat mahasiswa untuk ditempel di Majalah Dinding SDN Bendan Ngisor

Program ini berjalan dengan baik, dimana siswa kelas 6 SDN Bendan Ngisor cukup interaktif dan antusias dalam mendengarkan maupun memperhatikan materi yang disampaikan mahasiswa. Selain itu, peserta juga turut aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa selama sesi penyampaian materi. Kegiatan ini kemudian ditutup dengan pembagian snack dan hadiah bagi peserta kegiatan.

IMG20220804085705

Siswa kelas 6 SDN Bendan Ngisor menjawab pertanyaan dari mahasiswa

Dengan program ini, anak-anak diharapkan dapat menyisihkan uangnya untuk ditabung, dimulai dengan menyisihkan uang jajan sehari-hari untuk tujuan membantu meningkatkan perekonomian dan keuangan keluarga melalui anak-anak tersebut serta memahami pentingnya konsep dana cadangan dan pengelolaan uang yang baik.

Penulis: Arinni Putri Yulia Prameswari – 12010119140336
Prodi S-1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing Lapangan: Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., M.A.