Bakso Rula Makanan Super! Mahasiswa KKN Undip Laksanakan Edukasi Manfaat Serta Tata Cara Pembuatan Bakso Rumput Laut Dari Karagenan Kappaphycus Alvarezii

Bugangan (29/07/2022) – Guna meningkatkan semangat masyarakat dari keterpurukan menuju arah ketercukupan dan kemandirian di masa peralihan Pandemi Covid-19 menuju Indonesia bebas Covid-19, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan kegiatan berupa edukasi bagi Ibu-ibu PKK mengenai manfaat, kandungan gizi serta tata cara pengolahan bakso rumput laut dari karagenan Kappaphycus Alvarezii yang bertempat di Kelurahan Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang pada Jumat (29/07/2022).

foto-1

Bakso rumput laut dengan tambahan tepung rumput laut ini, tentu saja memiliki banyak manfaat serta keunggulan seperti mengenyalkan, menstabilkan serta mengikat air dalam proses pembuatan bakso. Di samping itu bakso rumput laut ini juga kaya akan kandungan serat serta mampu menurunkan kolesterol dan berat badan. Tujuan dilakukannya kegiatan ini yaitu untuk mengenalkan manfaat rumput laut sebagai salah satu bahan yang berasal dari sumberdaya laut yang memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan. Selain itu juga kegiatan ini dapat memberikan inovasi pemenuhan pangan bergizi dalam situasi pandemi covid-19 dan juga dapat digunakan sebagai ide bisnis yang menjanjikan. Program ini memiliki tujuan yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu mencegah kelaparan, hidup sehat dan sejahtera, dan dapat memanfaatkan potensi ekosistem laut.

foto2
foto-3

Kegiatan ini diadakan di RW 02 kelurahan Bugangan yang dihadiri oleh ibu – ibu PKK RW 02 yang dilaksanakan secara langsung melalui sosialisasi serta pemberian materi kepada peserta. Disela – sela kegiatan juga dibagikan leafleat yang berisi manfaat, kandungan gizi serta tata cara pengolahan bakso rumput laut dengan bahan tambahan tepung rumput laut atau karagenan. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan terlihat antusisme ibu – ibu PKK RW 02 untuk bertanya mengenai bakso rumput laut.

4

Setelah pengadaan edukasi pembuatan bakso rumput laut ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui potensi dari sumber daya laut dan pemanfaatannya. Dengan memberikan makanan olahan yang bergizi dan lebih kreatif maka masyarakat telah berupaya dalam mempertahankan ketahanan pangan dirumah. Di samping itu, kegiatan ini dapat memberikan inovasi bagi warga setempat untuk menggunakan bakso rumpu laut sebagai ide bisnis yang dapat meningkatkan perekonomian.

Salam sehat!

Penulis : Kristina Venza Panjaitan
Dosen KKN : Sukiswo, ST., MT.
Lokasi : Kel. Bugangan, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang