Tips Tingkatkan Penjualan dengan Product Packaging
Semarang, (7/08/2022 Steve jobs pernah mengatakan, “Telur Ayam adalah Kemasan terbaik yang pernah tercipta di bumi ini” dan menggunakan telur ayam sebagai konsep packaging yang Ia terapkan pada produknya, Apple.
Analogi telur ayam yang dikatakan oleh Steve Jobs cukup menjelaskan ciri-ciri product packaging yang baik; Kuat, bentuk yang indah, mudah dibawa, dan juga bentuknya yang ergonomis.
Sejatinya packaging sangat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk.
Salah satu evolusi packaging paling berhasil yang pernah terjadi adalah yang dilakukan oleh Coca-Cola.
Saat itu, Coca-Cola membuat kemasan terbatas pada perayaan tertentu sehingga saat itu penjualan naik dan memimpin dalam persaingan minuman bersoda di Amerika Serikat.
Kemasan produk juga tidak hanya memberikan nilai jual, namun juga menjadi pembeda dan memperkuat brand sebuah produk.
Salah satu hal penting dalam membuat kemasan adalah tidak cukup sekali pakai kemudian dibuang.
Berikanlah nilai lebih pada kemasan.
Buat kemasan yang dapat digunakan untuk keperluan lain, misalnya menyimpan barang-barang atau tas belanja.
Nilai guna juga dapat dilihat dari ketahanan kemasan tersebut. Jika ingin kemasan memiliki nilai guna buatlah kemasan dengan bahan yang tahan lama.
Namun ingat! Harus tetap mementingkan nilai-nilai lingkungan juga, ya!
Sesuaikan dengan Kelas Produk
Kemasan juga harus menyesuaikan kelas produk. Misalnya Anda membuat produk premium, sesuaikan desain dan juga nilai kemasan sesuai produknya seperti: penggunaan bahan yang mewah, desain yang mewah, dan juga sedikit lebih mahal.
Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa packaging produk yang baik, akan memberikan info produk secara baik kepada konsumennya.
Selain meningkatkan kepercayaan, ini juga dapat menjadi jaminan kepada konsumen tentang keamanan bahan produk yang digunakan.
Setelah mengetahui beberapa tips packaging produk yang baik di atas, tentunya saat ini Anda sudah mendapat gambaran tentang desain packaging yang ingin Anda gunakan untuk produk yang Anda miliki.
Perlu diingat bahwa packaging yang bagus, tidak harus mahal namun harus cukup memiliki banyak fungsi dan manfaat sehingga menghemat pengeluaran.
Buatlah sebuah packaging produk yang sesuai dengan kemampuan keuangan usaha dengan memenuhi ciri- ciri packaging yang baik di atas.
Penulis: Mahasiswa KKN Tim 2 Undip
DPL: Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum