Cegah Penyalahgunaan Narkoba Demi Wujudkan Generasi Muda Berkualitas, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Berikan Sosialisasi di MA Anwarul Qur’an

Foto-bersama-sosialisasi-narkoba-1

Gambar 1. Sosialisasi Bahaya Narkoba Bersama Siswa Kelas X MA Anwarul Qur’an

Waru, Demak (04/08/2022) – Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan) adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, pengedaran narkoba semakin meningkat. Terlebih lagi generasi muda menjadi target dari para pengedar. Hal ini dikarenakan generasi muda cenderung ingin coba-coba dan memiliki emosi labil yang mudah dipengaruhi dengan kedok mengikuti trend. Penyalahgunaan narkoba memberikan dampak negatif bagi generasi muda baik secara fisik maupun mental.

Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2022 melaksanakan program kerja multidisiplin sosialisasi bahaya narkoba. Sosialisasi ini ditujukan kepada siswa MA Anwarul Qur’an Desa Waru, Kecamatan Mranggen. Sosialisasi bertujuan untuk memberi pencerdasan kepada siswa-siswi mengenai dampak, ketentuan hukum dan cara menghindari penyalahgunaan narkoba.

Picsart-22-08-11-18-19-09-755-1

Gambar 2. Kegiatan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Mahasiswa lakukan sosialisasi dengan media power point dan stand banner agar mudah dipahami. Untuk stand bannernya sendiri diberikan kepada MA Anwarul Qur’an sebagai media visual pemahaman bahaya nerkoba secara berkelanjutan. Acara berlangsung interaktif dan siswa-siswi antusias untuk bertanya serta menjawab pertanyaan. Dengan adanya program sosialisasi ini, harapannya siswa-siswi MA Anwarul Quran memiliki bekal yang cukup untuk terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Penulis : Eva Fitriyani
Jurusan/Fakultas : Statistika/Fakultas Sains dan Matematika
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Martini., M.Kes
Lokasi KKN : Desa Waru, Kec. Mranggen, Kab. Demak