Pemberdayaan UMKM melalui Pemanfaatan Social Media Marketing dan Marketplace di Kelurahan Kembangarum

Semarang (7/8/2022) – Pemanfaatan social media marketing dan marketplace merupakan hal yang penting bagi UMKM. Social media marketing (SMM) atau pemasaran media sosial merupakan suatu bentuk pemasaran digital dengan menggunakan sosial media yang bertujuan untuk mempromosikan produk ataupun jasa baik yang berbayar maupun tidak berbayar. Salah satu pemasaran sosial media yang berbayar yaitu pemasangan iklan melalui meta business suite and business manager. Sedangkan, marketplace atau pasar daring adalah suatu platform yang bertugas sebagai perantara antara pembeli dan penjual guna melakukan proses transaksi produk secara online.

1

Pada Minggu, 7 Agustus 2022, mahasiswa KKN UNDIP TIM II 2021/2022 bernama Putri Dewi Azimah melaksanakan program kerja “Pemberdayaan melalui pemanfaatan social media marketing dan marketplace” di Balai RW 1, Kelurahan Kembangarum, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Program kerja ini berkaitan dengan SDGs nomor 8 yaitu, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Dengan pemanfaatan social media marketing memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UKM. Di sisi lain, pemanfaatan marketplace dapat menjadi peluang besar bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya serta memungkinkan UMKM melakukan pemasaran dengan tujuan pasar global, sehingga berpeluang menembus ekspor. Di samping itu, marketplace membuka pasar baru bagi produk dan/atau jasa yang ditawarkan dan mempermudah cara UMKM melakukan bisnis. Marketplace atau lokapasar juga membuat operasional UMKM menjadi lebih efisien. Pelaku UMKM bisa memasarkan produknya dari rumah atau dari mana saja.

Program kerja ini dilaksanakan dengan memberikan pemaparan materi mengenai social media marketing yaitu pemasangan iklan di Meta Business Suite and Business Manager dan marketplace. Materi social media marketing yang disampaikan diantaranya yaitu, hal yang perlu dipersiapkan, tahapan dalam pemasangan iklan, penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada di Meta Business Suite and Business Manager dan tips mengenai penjadwalan atau scheduling agar iklan dapat optimal. Selanjutnya, para pelaku UMKM diberikan pemaparan materi mengenai marketplace. Marketplace yang dibahas pada sosialisasi ini adalah Shopee karena Shopee merupakan online shopping yang berada di posisi pertama berdasarkan Top Brand Index yakni Top Brand for Gen-Z Index 2022. Materi marketplace Shopee yang diberikan diantaranya yaitu keuntungan berjualan di Shopee, tata cara pendaftaran, dan cara menarik lebih banyak pembeli dengan melakukan promosi di Shopee. Pemaparan materi ditekankan pada materi cara menarik lebih banyak pembeli dengan melakukan promosi di Shopee. Pada materi ini diberikan penjelasan mengenai promosi-promosi dan fitur-fitur promosi yang ada di Shopee. Setelah pemaparan materi, para pelaku UMKM dibagikan leaflet yang dapat digunakan sebagai bacaan dan panduan.

3

4

5

Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM sehingga meningkatkan penjualan dan memajukan UMKM di Kelurahan Kembangarum.

Penulis : Putri Dewi Azimah (Manajemen, 12010119130255)
DPL : Dr. Noer Abyor Handayani (Noera), S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Kembangarum, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022
#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip