Strategi Pemasaran Jitu Agar UMKM Capai Target Pasar yang Disasar! Mahasiswa KKN UNDIP ini Bagikan Strategi 4P pada Pelaku UMKM

Semarang (26/07/2022) – Strategi pemasaran 4P yaitu suatu alat yang terdiri atas product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi) yang dipadukan agar dapat menciptakan respon yang diinginkan di pasar. Manfaat dari strategi pemasaran 4P diantaranya, membantu perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan strategi pemasaran yang efektif; menentukan apakah produk UMKM yang ditawarkan sudah sesuai dengan pelanggan; serta memahami apa yang dapat ditawarkan produk suatu UMKM kepada pelanggan.

Perlu diketahui, beberapa pelaku UMKM di Kelurahan Srondol Wetan khususnya di wilayah RW 07 mengakui masih belum mengetahui secara jelas bagaimana menentukan segmentasi pasar dan strategi pemasaran produk, padahal hal ini menjadi salah satu kunci kesuksesan dari UMKM.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro yang melaksanakan KKN di Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang ini, berinisiatif untuk menjelaskan bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran 4P secara tepat. Sosialisasi ini berlokasi di Balai RW 07 dan dihadiri oleh Ibu-Ibu pelaku UMKM di wilayah RW 07, Kelurahan Srondol Wetan. Sosialisasi dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Sosialisasi dimulai dengan penjelasan PPT (Power Point) apa itu strategi pemasaran 4P, tujuan 4P, manfaat 4P, dan penerapan 4P. Lalu, dilanjutkan dengan penjelasan dengan poster, tanya jawab, dan diakhiri dengan pemasangan poster di dinding Balai RW 07.

Screenshot-20220727-012530-Video-Player
Dok. Pribadi

Screenshot-20220727-012648-Video-Player
Dok. Pribadi

Selain sosialisasi, mahasiswa juga menyediakan e-book yang bisa dijadikan bahan pembelajaran pelaku UMKM. Diharapkan dengan adanya sosialisasi penerapan strategi pemasaran 4P, para pelaku UMKM dapat mengoptimalkan pemasaran produk UMKM dan memaksimalkan keuntungan yang diperoleh UMKM. Program ini sesuai dengan poin 11 Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Kota dan Komunitas yang berkelanjutan.

240602
Dok. Pribadi

Penulis : Fajar Satriatama
NIM : 21070119140159
Dosen Pembimbing Lapangan : Imam Setyawan, S.Psi., M.A.
Lokasi KKN : Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik
Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
#kkntimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip