Awas Anemia! Mahasiswa KKN UNDIP Ini Ajarkan Cara Mengenali Tanda dan Gejalanya!


Pleburan, Kota Semarang (11/8/2022) – Universitas Diponegoro telah menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN 2022 diberbagai wilayah selama 45 hari pada bulan Juli-Agustus 2022. Salah satu lokasi KKN UNDIP TIM II 2022 adalah Kelurahan Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan. Kegiatan KKN diawali dengan survey wilayah dan dari hasil survey tersebut dibuatlah berbagai program yang sesuai dengan wilayah tersebut dan disiplin ilmu yang dikuasai oleh mahasiswa KKN.

Di wilayah Pleburan terdapat penduduk dengan usia remaja yang cukup banyak. Remaja yang sehat merupakan investasi untuk masa depan bangsa, untuk itu perlu dipersiapkan kesehatan dan status gizi yang baik sejak dini sehingga dihasilkan generasi penerus bangsa yang produktif, kreatif dan berdaya saing tinggi.

Salah satu masalah yang dihadapi remaja adalah kekurangan zat gizi besi yang menyebabkan anemia. Oleh sebab itu salah satu program KKN yang dilakukan adalah pencegahan anemia pada remaja.

Anemia adalah suatu kondisi dimana kadar hemoglobin dalam darah lebih rendah dari normal. Anemia pada remaja berdampak pada penurunan imunitas, konsentrasi, prestasi belajar, kebugaran dan produktifitas remaja. Anemia lebih banyak dialami oleh remaja putri dibandingkan remaja putra. Anemia yang dialami remaja putri akan berdampak lebih serius karena mereka adalah calon ibu, sehingga meningkatkan resiko kematian ibu melahirkan, bayi lahir prematur, dan berat badan bayi rendah.

Angka kejadian anemia di Indonesia masih cukup tinggi, berdasarkan data Risksdas 2018, prevalensi anemia pada remaja sebesar 32% artinya 3-4 dari 10 remaja menderita anemia. Anemia pada remaja dipengaruhi oleh asupan gizi yang tidak optimal, serta kurangnya aktivitas fisik.

Edukasi mengenai anemia oleh mahasiswa KKN UNDIP dilakukan di balai kelurahan yang diikuti oleh remaja Karang Taruna kelurahan Pleburan. Edukasi diawali dengan pemaparan pengertian anemia, tanda dan gejala serta cara pencegahan anemia. Edukasi berjalan secara interaktif dan diikuti secara antusias oleh para remaja Karang Taruna.

Penulis: Alberth – Fakultas Kedokteran UNDIP
DPL : Rosyida, S.P., M.Sc