Mahasiswa Undip Membantu Rekomendasi Layout Posyandu untuk Meningkatkan Pelayanan yang Lebih Efektif

Semarang Timur (12/8/2022) – Kelurahan Kemijen merupakan kelurahan yang memiliki banyak kegiatan terhadap posyandu, posbindu, dan poslansia. Seluruh kegiatan tersebut dilakukan pada tiap RW di Kelurahan Kemijen oleh kader-kader Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) serta Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang diawasi oleh perwakilan dari pengurus Puskesmas Karangdoro. Kegiatan tersebut dilakukan di suatu tempat atau balai yang terdiri dari beberapa fasilitas pendukung guna pengukuran kesehatan pada kegiatan tersebut. Akan tetapi, tempat atau balai yang digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut memiliki kekurangan dalam penempatan fasilitas sehingga mengurangi waktu pelayanan. Maka dari itu, perlu adanya rekomendasi layout untuk meningkatkan waktu pelayanan tersebut sehingga lebih efektif.

Rukun Warga (RW) II sebagai sebagai lembaga kemasyarakatan yang berperan dalam meningkatkan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat memiliki fasilitas salah satunya posyandu yang belum dimanfaatkan secara optimal dan efektif. Keadaan beberapa fasilitas yang kurang terawat dan penempatan barang yang disatukan dengan gudang RW memberikan pergerakan yang sempit untuk kader posyandu melakukan pelayanan. Dengan demikian, Tim II KKN Universitas Diponegoro 2022 Kelurahan Kemijen dibawah bimbingan Ibu Alfita Rakhmayani, S.E., M.Ak, selaku Dosen Pembimbing Lapangan, membantu untuk merancang layout ruang posyandu untuk meningkatkan waktu pelayanan dengan memperhatikan luas, kebutuhan, dan fasilitas pendukung ruang seperti jendela sebagai ventilasi.

IMG-8659

Rekomendasi layout perbaikan posyandu ini telah diterima oleh Kader PKK RW 02, Ibu Rodiah, dengan bentuk banner 50 x 50 cm. Banner tersebut terdiri dari layout perbaikan posyandu beserta legenda yang dibuat dengan aplikasi Microsoft visio. Hal tersebut disambut baik oleh Ibu Rodiah dan sebagai bahan diskusi serta pertimbangan untuk melakukan perbaikan layout tersebut guna meningkatkan waktu pelayanan sehingga meningkatkan efektifitas.

Muhamad Aria Pratama – Fakultas Teknik UNDIP 2019
Dosen Pembimbing: Alfita Rakhmayani, S.E., M.Ak
Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang
Tim II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2022