WAH!!! MAHASISWA KKN UNDIP BERHASIL MENDESAIN KEMASAN PRODUK UMKM DESA YANG MENARIK UNTUK DIJUAL

Kesiman Kertalangu, Denpasar (12/8/2022) – Mahasiswa KKN Undip berhasil membuat desain kemasan produk makanan olahan berupa abon lele untuk UMKM desa Kesiman Kertalangu. Desain kemasan yang dibuat berlabel dan didesain menarik untuk terlihat modern walaupun makanannya sederhana.
 

LINE-ALBUM-day-27-220812

 
Sebelum kemasan didesain, dilakukan riset mandiri di internet agar dapat membuat desain yang menarik dan mempertahankan kualitas makanan. Bahan dari kemasan yang disarankan berupa aluminium foil yang dapat menjaga kualitas makanan walaupun terkena sinar matahari. Kemasan juga diberikan zipper agar saat sudah dibuka, kemasan tetap bisa dipakai untuk menyimpan makanan sehingga tidak sekali pakai. Kemasan yang digunakan berupa kemasan jenis pouch agar terlihat lebih modern. Kemasan didesain menggunakan software editing beserta desain label. Label yang didesain terdapat unsur Bali dan bahan utama dari olahan tersebut yaitu ikan lele. Label yang telah didesain dicetak ke kemasan.
 

Pouch-lele

 
Kemasan yang telah didesain dan dibuat prototypenya diberikan ke penanggung jawab UMKM desa untuk menerima masukan jika ada yang kurang. Desain kemasan pun diterima dengan senang hati beserta beberapa prototype produk yang telah dibuat. Desain kemasan yang telah dibuat ini diharapkan kedepannya dapat menarik pelanggan. Desain kemasan ini juga digarapkan dapat menjaga kualitas makanan agar tetap terjamin kualitasnya dengan jenis kemasan dan bentuk yang telah diperhitungkan.
 

143054

 
Penulis: I Wayan Gede Ananta Wijaya | S1 Teknik Industri
DPL: Rabith Jihan Amaruli, S.S., M. Hum.