Pemulihan Kedai Kopi Sirap Pasca Pandemi Covid-19 : Pentingnya Menerapkan Social Media Marketing di Era Digitalisasi
Dusun Sirap (7/8) Era digitalisasi adalah suatu kondisi yang mana seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan sudah bisa dipermudah dengan adanya teknologi yang serba canggih. Perkembangan yang mulai terjadi dalam era ini salah satunya adalah penggunaan aplikasi untuk keperluan bisnis. Aplikasi seperti sosial media dapat membantu pebisnis untuk lebih mudah dalam menjangkau para pelanggannya. Hal ini juga didukung oleh adanya fakta bahwa jumlah penggunaan sosial media di Indonesia terus mengalami peningkatan.
Kedai Kopi Sirap merupakan salah satu ikon di Kabupaten Semarang yang mengusung tema “Ngopi di Tengah Kebun Kopi”. Di kedai kopi Sirap yang menyuguhkan pemandangan yang asri dan kelezatan kopi, pengunjung dapat melihat langsung proses pengolahan biji kopi dari sejak dipetik hingga siap diminum. Wisata ini menawarkan wisata edukasi yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat sirap, yaitu bertani kopi. Pengunjung dapat mempelajari budidaya kopi, cara merawat kebun, proses me-roasting, teknik menyeduh kopi dan masih banyak lagi.
Saat ini, kedai kopi Sirap telah melakukan berbagai pemasaran di sosial media. Namun akibat adanya pandemi covid-19 menyebabkan pemasaran sosial media yang dilakukan kurang berjalan optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa KKN Undip melakukan pengenalan dan pelatihan social media marketing kepada pengelola kedai Kopi Sirap (15 Juli 2022). Fokus utama platform sosial media yang digunakan adalah Instagram. Target peserta yang dituju adalah pengelola kedai kopi Sirap yang berjumlah 3 orang.
Strategi social media marketing merupakan ringkasan dari semua rencana dan harapan yang ingin dicapai suatu bisnis di social media. Hal ini memandu tindakan dan juga memberi tahu pemilik apakah akan berhasil atau gagal. Setiap melakukan posting konten, balasan, suka, serta komentar harus mempunyai tujuan. Semakin spesifik strategi sosial media, maka semakin efektif pula eksekusi yang dapat dilakukan.
Dalam pelaksanaan program kerja ini, mulanya mahasiswa menyusun konsep video untuk diunggah dalam fitur instagram reels akun @doesoenkopisirap yang dilakukan pada 23 Juli 2022. Konsep video yang diupload menggunakan audio yang sedang populer agar lebih mudah mendapat konversi tayangan melalui audio. Selain instagram reels, mahasiswa juga memberikan output berupa modul yang berisi strategi yang efektif dalam social media marketing disertai langkah-langkah penerapannya.
Program kerja ini berjalan dengan baik, masyarakat khususnya pengelola kedai kopi dapat lebih berinovasi dan kreatif memanfaatkan ketersediaan sosial media untuk mengembangkan bisnis atau usahanya menjadi lebih baik. Melalui social media marketing diharapkan dapat memperkenalkan keunikan kedai kopi Sirap dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Dengan konversi jangkauan tersebut, upaya ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan penjualan produk kopi. Selain itu, dengan adanya program kerja ini diharapkan pihak pengelola kedai kopi mendapatkan output softskill yang baik, yaitu dapat lebih memahami konten pemasaran sosial media yang sesuai dengan target pasarnya sehingga akan memiliki manfaat secara berkelanjutan.
Penulis : Ana Linailil Muna
Dosen Pembimbing : Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D.