Banyak Ditemukan Ikan Tidak Segar, Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi Cara Pengawetan Ikan dengan Vacuum Sealer

20220725-105922

Tegal (25/7/22) – Kota Tegal termasuk kota yang memiliki produksi ikan yang tinggi, akan tetapi proses pengawetan yang masih kurang baik. Ikan memiliki ketahanan yang tidak cukup lama oleh karena itu, perku adanya pelatihan cara pengawetan ikan dengan menggunakan alat vacuum sealer. Ikan membutuhkan beberapa proses untuk pengawetan diantaranya pendinginan, pembekuan dan pengolahan.

Program Pengawetan Ikan Menggunakan Alat Vacuum Sealer ini dibuat dengan latar belakang Kota Tegal yang merupakan kota yang memiliki produksi ikan yang tinggi sehingga perlu adanya penanganan yang baik pada ikan saat di darat dan akan dipasarkan. Edukasi mengenai pengawetan ikan menggunakan alat vacuum sealer sangat diperlukan di wilayah Kelurahan Panggung untuk menjaga ketahanan ikan pada saat dipasarkan.

20220725-105900

Masyarakat kurang menyadari pentingnya cara pengawetan ikan yang baik agar tidak merusak kualitas kandungan pada ikan. Pengawetan ikan dengan cara vacuum sealer merupakan pengawetan ikan dengan cara pembuangan udara pada plastik dengan alat vacuum sealer. Pengawetan ikan dengan menggunakan alat vacuum sealer memiliki ketahanan yang lebih lama meskipun di suhu ruangan.

png-20220725-001143-0000-1

Program ini juga terdapat penjelasan mengenai ciri-ciri ikan segar menggunakan poster. Masyarakat kelurahan Panggung masih merasa asing dengan proses pengawetan ikan menggunakan vacuum sealer. Hal ini membuat masyarakat Kelurahan Panggung antusias memperhatikan acara proses pengawetan berlangsung.

Manfaat dari program ini adalah masyarakat diharapkan lebih menerapkan proses pengawetan ikan dengan baik agar ikan di Kota tegal berkualitas, membuat ide usaha ikan fresh dan mencegah terbuangnya ikan-ikan dikarenakan kualitas yang tidak baik dan memiliki bau busuk.

Penulis : Adella Natasya Pramiati
NIM : 26030119120005
Jurusan : Perikanan Tangkap
Fakultas : Perikanan dan Ilmu Kelautan